Becak Motor “Moge” Siantar Itu Sudah Mulai Menghilang

Imotorium.com – Ilustrasi diatas adalah becak di Pulau Samosir yang punya kabin lega, tapi motornya honda verza. Penulis hingga kini masih ada di Kota Medan, Sumatera Utara. Setelah sebelumnya membuat vlogging trip lagi dengan bus Double Decker Sempati Star dari Jakarta, dan berwisata ke Danau Toba. Nah ternyata ada yang hilang dari salah satu kota yang penulis singgahi yaitu Kota Siantar.

Kota yang bisa dibilang terbesar nomor 2 setelah kota Medan ini adalah Kota yang tadinya identik dengan moda transportasi yang unik yaitu Becak Motor BSA. Yap, motor klasik BSA itu dahulu hampir lekat di setiap becak yang ada di Siantar. Namun kini keberadaannya sudah langka bahkan hampir punah dari Siantar bergantikan motor murah mainstream seperti Honda GL pro, Honda Megapro, Honda Verza dan Suzuki Thunder.

Turun kelas jelas namanya, motor BSA itu kabarnya sudah banyak yang dijual oleh pemiliknya kepada ekspatriat alias turis alias warga bule yang datang dari luar negeri sebagai kolektor motor klasik. Motor yang kondisinya sudah bisa dibilang tidak mulus tetap dibayar mahal dan itulah yang membuat para tukang Becak Motor ini rela melepas tunggangan mereka, dan menggantinya dengan motor yang lebih muda dan murah.

Siantar dan Medan sudah kehilangan identitasnya dengan Becak Motor, bila dulu Medan punya motor DKW Hummel 2 tak 50cc dan Siantar punya BSA 300 cc, kini keduanya tergantikan sudah.. Hanya Padang Sidempuan, Kotanopan, Panyabungan yang masih bertahan dengan Becak Vespa-nya

Amat disayangkan, penulis sendiri tidak kesampaian icip becak BSA siantar setelah hampir 20 tahun lamanya.. next time mungkin ada kesempatannya bakal hunting lagi, pulang dulu ke rumah di Jabar, mau lebaran.(imt)

About Aditya 785 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Punya channel Youtube imotorium VLOG dan kadang - kadang host di KarsTV Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.