MotoGP Austin Marquez Gagal Juara Ketujuh, Rins Jadi Juara untuk Pertama Kalinya

imotorium.com – MotoGP Austin ini jadi mimpi buruk bagi Marc Marquez yang mana sejak 2013 hingga 2018 selalu menang dengan mudah di sirkuit ini, disusul juga oleh Jorge Lorenzo yang memilih dnf entah oleh karena apa.

Pertarungan berjalan sengit sedari awal. Marquez yang kini paham bahwa pesaing beratnya bukanlah seorang Dovizioso di sirkuit ini melainkan Valentino Rossi dan Alex Rins serta Jack Miller memilih membuat gap sejauh mungkin agar bisa membalap dengan nyaman.

Namun nasib kurang baik dialami Vinales, karena pergerakan yang mirip seperti crutchlow di balapan sebelumnya mengakibatkan Vinales diganjar penalti melewati pit.

Marquez yang selalu juara di Austin ini saat sudah memimpin cukup jauh mengalami sial akibat kehilangan traksi roda depan dan mengakibatkan lowside. Namun bukan Marquez namanya jika menyerah begitu saja. Tampak disini Marc mencoba bangkit namun ternyata terjatuh kembali ke sisi kanan, dibantu marshall bangkit dan didorong juga Marc tetap jatuh kembali seperti ada yang salah dengan bagian depan Honda RCV nya.

Otomatis Rossi memimpin balapan, namun tidak berlangsung lama karena pace Alex Rins sedang bagus – bagusnya. Yap pertarungan Austin yang terkenal dengan trek lurus nan panjangnya ini didominasi oleh dua mesin inline Yamaha dan Suzuki. Terlihat disini power yang dimiliki keduanya setara. Namun chassis Suzuki yang dibawa Rins lebih nimble dan sangat bagus ditikungan cepat. Rossi berusaha membuat gap namun gagal karena ban sudah mulai menipis akhirnya disalip dengan halus.

´┐╝Lorenzo pun turut menyerah dibalapan ini, sepertimya bermasalah dengan roda depan.┬á

Ada perlawanan dari Rossi yang cenderung sedikit memaksa dan akhirnya melebar. Namun tetap diakui bahwa mental Rins cukup kuat disini. Tenang dan tidak terpancing agresif hingga berhasil membawa Suzuki kembali ke Podium tertinggi setelah terakhir juara di Tahun 2012.

Mantap nih Suzuki, peta persaingan juara dunia 2019 kembali hidup karena tidak hanya Honda dan Ducati saja yang bermain, Yamaha dan Suzuki pun sudah kembali langganan podium.

Pendapat penulis, karena Suzuki juga kini dipimpin oleh seorang yang hebat yaitu Davide Brivio yang mana 15 tahun silam berhasil membawa team Yamaha Factory menjadi Juara Dunia dengan motor inferior ditangan Valentino Rossi.

Semoga bermanfaat.(imt)

About imotorium 823 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.