Test Ride Review Honda CB150 Verza dan Foto Galeri

imotorium.com – Jakarta sedang bersahabat kemarin, dari pagi hingga senja cuacanya dominan cerah. Nah kesempatan ini menjadi momen yang ditunggu – tunggu yaitu test ride Honda CB150 Verza yang berada di lapangan parkir arena JiExpo Kemayoran.

Ada banyak unit Honda CB150 Verza yang sudah disiapkan. Semuanya merupakan varian velg cast wheel dan ada 3 warna. Setelah sedikit mengisi data langsung saja briefing singkat terlebih dahulu untuk memahami layout track yang akan dilewati.

Dengan trek lurus awal yang sama panjangnya seperti saat test ride Honda PCX 150 kemarin, trek ini punya jarak yang lebih panjang dengan berbagai macam tikungan dan ada handicap berupa speed bump juga untuk mengetes keempukan shockbreaker serta cone zigzag untuk mengetahui seberapa lincah motor ini bisa menikung.

Impresi awal saat menungganginya tentu saja, ini motor terasa light. Enteng sekali bodynya bila dibandingkan dengan motor 150 cc lainnya. Body terlihat ramping dengan posisi stang yang tinggi membuat postur badan tegak dan posisi footstep yang santai bikin motor ini cukup memanjakan untuk riding berlama – lama

Area headlamp memang paling menarik. dilihat dari samping kelihatan pas, tidak terlalu mendangak.

Menyalakan mesinnya, vibrasi yang dirasakan cukup minim. Layar speedometer digital cukup mudah dibaca dan informatif, sayangnya minus takometer. Wajar sih mengingat ini adalah sport entry level Honda.

Memuntir gas dengan cepat, mesin Honda CB150 Verza ini mudah sekali menggapai akselerasi, torsinya terasa sejak putaran bawah hingga menengah. Enak sekali buat akselerasi selepas lampu merah, motor ini juga termasuk cepat sekali menyentuh limiter saat dibejek langsung gasnya. Shift up gear 1-2-3 lumayan cepat, pertanda motor ini punya short ratio gearbox

Launching Honda CB150 Verza, Intip Harga dan Speknya

Untuk gear 4-5 sayangnya tidak bisa dieksplorasi mengingat trek lurusnya sudah habis, tapi lumayan di speedo saat sekilas mengintip sudah ketemu angka 70 km/h. Pengereman dengan rem depannya bagus, menikung juga rasanya pede dengan rangka diamond yang sudah teruji sejak dahulu. Saat bertemu speed bump dicoba agak kencang shock depannya bisa meredam dengan baik, untuk belakang agak sedikit keras.. tipikal shock stereo, untungnya shockbreaker belakang showa yang dipakai CB150 Verza ini bisa diadjust keempukannya.

Menikung zigzag ala slalom juga ngga keteteran, motor ini ngga understeer. Lincahnya hanya beda tipis dengan motor bebek. Enak sekali pastinya kalau di jalan raya buat selap-selip bisa dengan mudah dilakukan.

Namun ya sebagaimana peruntukannya, motor ini lebih sebagai motor pekerja, untuk kebutuhan harian dan sifatnya ini motor heavy duty. Maka dari itu ban yang disematkan di motor ini standarnya pakai IRC NF25 dan NR25. Ban yang profilnya tinggi dan cenderung mengkotak, penulis sempat mengalami sedikit gejala slide saat menikung dengan cepat. Ban ini agak kurang enak untuk diajak bermanuver tajam, namun untuk harian ban ini ideal, soalnya awet dan kuat bawa beban berat.

Dengan harga Rp 19.300.000 – Rp. 19.950.000 ya motor ini ideal jadi kuda harian, reliable dan kuat sekali. Apalagi cost perawatan mesin air cooled yang sederhana lebih minim dibandingkan memelihara motor berpendingin cairan dengan teknologi canggih.

Selera ada di tangan brosist, menurut penulis ya jika ingin motor sport yang ringan untuk harian, CB150 Verza ini cocok untuk dilirik.

Semoga berguna. (imt)

About Aditya 722 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Punya channel Youtube imotorium VLOG dan kadang - kadang host di KarsTV Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

2 Comments

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.