Sejarah Bus Robur, Yang Pernah Menghiasi Ibu Kota Di Jaman Dulu

imotorium.com – Sekarang kita paham dan mengerti bagaimana mudahnya berkeliling di Ibukota DKI Jakarta hanya dengan menaiki sebuah moda transportasi bernama bus transjakarta. Ya, cukup sekali bayar kita bisa sampai ke tujuan kita walaupun letaknya itu jauh sekali diujung. Nah, kali ini kita flashback ke masa lampau, dimana Jakarta masih sangat bersahaja dan ramah sekali bagi para penduduknya, siapa yang ingat bus robur?

yap bus ini berkapasitas 29 penumpang, bermesin bensin, dijual dengan harga 100.000 saja di tahun 1966

Anak muda jaman sekarang ngga akan pernah tau bus ini, ya.. sisa – sisanya pun sudah tidak ada sama sekali. Bus Robur ini hadir di Indonesia awal 1960-an hingga tahun 1970-an. Bus Robur ini sendiri adalah produk dari Volkseigener Betrieb / VEB Robur-Werke Zittau yang mana asalnya merupakan dari Jerman Timur, ya saat itu Jerman masih terbagi dua. Dari bentuknya sendiri bus ini unik seperti roti tawar, sekilas desainnya memang mengadopsi bentuk dari Volkswagen Samba Bus atau di Indonesia masuk dengan nama VW Combi.

Sedikit Fakta Sejarah Transportasi Indonesia Dahulu

Kebijakan mulai beralih kepada penggunaan kendaraan pribadi sejak taun 1960-an ketika presiden Sukarno memerintahkan penghapusan trem dari Jakarta dengan alasan bahwa trem sudah tidak cocok lagi untuk kota sebesar Jakarta (sungguh keputusan yang sangat – sangat disesalkan). Sayangnya ketika trem dihapus, ini tidak diimbangi dengan jumlah bus sebagai pengganti moda transportasi rakyat. Ketika itu politik kita yang ‘progresif revolusioner’ berpihak ke Blok Timur yang sedang berkonfrontasi dengan Blok Barat yang dijuluki Nekolim (neokolonialisme, kolonialisme, dan imperialisme). Tidak heran bus-bus yang beroperasi di Jakarta berasal dari Eropa Timur, seperti merek Robur dan Ikarus.

Tipe yang masuk ke Indonesia sendiri merupakan Robur LO 2500, Bus model ini pertama kali ditampilkan di pameran otomotif di Leipzig pada 1961 dan masuk ke Indonesia sekitar 1966. Bus ini menggunakan mesin berpendingin udara yang menghasilkan power 70 hp. Memang sebuah angka yang kecil, namun ukuran bus ini juga memang tidak terlalu besar, bila disandingkan dengan bus medium masa kini bus Robur ini masih lebih kecil ukurannya. Bus ini sendiri masuk ke jakarta melalui PT. Imermotors Djakarta. Oya, bus ini juga sering dikenal dengan istilah bus TAVIP

Berikut beberapa foto – foto kliping yang ada :

Semoga menambah wawasan. (imt)

src : google, wikipedia, awansan

About Aditya 722 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Punya channel Youtube imotorium VLOG dan kadang - kadang host di KarsTV Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

1 Trackback / Pingback

  1. Efek "Flash Sale" Alias Maintenance Tiket KRL, Antrian Membludak Sampai Ada Calo Segala | imotorium.com

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.