Advertisements

(IIMS 2016) Test Ride BMW R Nine T, Scrambler Bengis Bermesin Boxer

Foto IIMS 2016 - Imotorium BMW Nine T (48)

BMW R90, yup.. motor Scrambler bermesin 1200 cc twin cylinder berkonfigurasi boxer ini adalah motor yang dirilis BMW Motorrad untuk merayakan ultah ke – 90. Motor ini sudah lama dirilis sebenarnya 2 tahun lalu.. pada 2014, namun baru kali ini penulis berkesempatan mencoba secara langsung motor buatan Jerman tersebut.

Foto IIMS 2016 - Imotorium BMW Nine T (53)

Mari lanjutkan apa saja sih istimewanya si R90 ini , engine scrambler ini terlihat sangat massive, mesin ini sendiri sanggup memproduce tenaga hingga 110 Hp pada 7500 rpm dan torsi sebesar 119 Nm diraih pada 6000 rpm. Mesin berkonfigurasi boxer ini benar – benar terasa unik karena kala distarter, akan terasa getaran kanan kiri yang khas yang tidak akan ditemui pada mesin berkonfigurasi lainnya seperti inline ataupun V engine.

Foto IIMS 2016 - Imotorium BMW Nine T (54)

Foto IIMS 2016 - Imotorium speedometer BMW R90 cc(50)

Bodynya walau berukuran lebih kecil dibanding R 1200 GS, tetap bobot motor ini menyentuh 222 Kg. Berat nih, disinyalir karena ukuran mesin yang massive tersebut. ditambah lagi rata – rata motor buatan eropa didesain dengan seat height yang lebih tinggi dibanding motor – motor pada umumnya.. Alhasil penulis yang berpostur 170 cm sedikit jinjit padahal secara penampilan si scrambler ini kelihatan pendek..

Foto IIMS 2016 - Imotorium BMW Nine T (47)

Well, lanjut ke area test ride.. masih exciting dengan sensasi getaran mesin dan suara khasnya.. sambil didorong mundur dan berjalan pelan pelan dengan merelease kopling secara perlahan.. koplingnya diset lumayan jauh euy.. jadi musti hati2.. siap2 pada posisi.. untuk mutar sebanyak 2 putaran di area yang tidak begitu luas.. yah.. jadi ngga bisa geber lebih kencang dikit deh.

Foto IIMS 2016 - Imotorium BMW Nine T (49)

start, kopling direlease.. motor berjalan dengan halus. Stangnya terasa lebar sebagaimana motor scrambler.. nyaman karena posisi tubuh tegak dengan baik.. sampai di ujung saat memutar penulis mengambil radius yang lebar karena tidak yakin jika dibawa menikung tajam malah ngeri ndlosor. Putaran kedua gas dibuka sedikit lebih lebar.. dan wow.. galak beib.. motor ini galak.. dalam sekejap udah sampai ujung lagi.. dan putar balik lagi dengan radius yang lebih kecil karena penulis sudah sedikit lebih mengerti cara menghandle si RNineT ini.. akhirnya di sesi akhir.. ngga digas lagi.. namun lebih ke tahan kopling terus digeber – geber.. suaranya bikin nagih sih :mrgreen:

klik pada foto untuk memperbesar:

Foto IIMS 2016 - Imotorium BMW Nine T (50)Foto IIMS 2016 - Imotorium BMW Nine T (51)

Last, motor ini kembali diparkir.. tidak terlalu sulit ternyata.. untuk ukuran moge, BMW RNineT ini terbilang asik – asik saja.. ukuran mesin yang masif tersebut juga tidak terasa panas sebagaimana yang dialami motor – motor gede lainnya..  Masalah harga? BMW R Nine T ini cuma 1/2 milyar Rupiah lebih sedikit.. hanya selisih sedikit dari sebuah BMW 320i sport keluaran terbaru.. :mrgreen: ayo tantang dompetmu

semoga bermanfaat. (imt)

foto : pribadi

Contact me :

Advertisements

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: