Motor Terendam Banjir? Berikut Cara Menanganinya

imotorium – Banjir jadi headline utama pada awal tahun baru 2020 ini. Motor terendam banjir? Berikut adalah pantangan yang harus dipatuhi kalau mau motormu tetap selamat dan ngga rusak parah brosist sekalian.

Memang Indonesia terbilang telat memasuki musim hujan pada tahun 2019 ini, intensitas hujan baru terjadi pada pertengahan desember 2019 dan pada awal 2020 ini Jakarta sekitarnya mengalami musibah banjir. Nah tentu saja ini menimbulkan kerugian besar. Di medsos kita bisa melihat banyak sekali kendaraan yang terendam bahkan hanyut terbawa arus.

Terus apa yang terlarang untuk dilakukan dan apa yang harus saya lakukan? 

1. Jangan jumawa menerabas banjir mentang – mentang motornya dilabeli motor tangguh, adventure, motor petualang dll oleh pabrikan. Ingat ini kondisi bencana banjir, bukan sedang menjalankan hobby menjelajah alam. Jadi lebih baik cari alternatif jalan lain walaupun itu memutar cukup jauh dibanding motor diajak berendam apalagi sampai diatas knalpot. Resiko air masuk ke mesin itu besar, bakal memungkinkan terjadi water hammer.

Baca juga : Fenomena Long Weekend Di Indonesia, Refreshing atau Nyari Capek???

2. Melewati banjir yang masih dibawah mesin, tapi ngebut – ngebutan. Ini sih konyol namanya, selain bikin cipratan ke samping juga bakal memungkinkan kamu untuk terjatuh karena terjadi hydroplanning / aquaplanning. Dan bila terpaksa menerabas banjir selalu gunakan gigi rendah dan gss secara konstan. Ini tidak berlaku untuk motor matic karena walaupun mesin menyala jika cvt terendam tetap saja bakal mandek, ngga jalan karena slip.

3. Kalau sekarang hujan dan ada tanda – tanda motor bakal kerendam, lebih baik segera evakuasi ke tempat lebih tinggi. Bisa numpang parkir dulu di rumah teman atau tetangga atau saudara yang aman dari banjir untuk sementara waktu.

Motor terendam banjir

4. Posisi motor parkir dirumah, dan terlanjur terendam banjir. Nah ini asli serem, jangan lupa untuk untuk cabut aki dari motor agar kelistrikan tidak bermasalah. Kemudian tindakan selanjutnya ya motor itu jangan dinyalakan, jangan diselah kick starternya atau ruang bakar bakal beresiko kemasukan air. Dan kalau bisa ya setelah surut bawa ke bengkel, bongkar total seluruh bagian termasuk mesin. Keringkan semua part dan tentu saja ini adalah tindakan terbaik yang bisa dilakukan.

Yah setidaknya itu adalah cara untuk meminimalisir kerusakan pada motor. Yah semoga tips singkatnya berguna. (imt)

About imotorium 856 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

19 Comments

  1. Betul mbah, apalagi bawa matic paling was-was kalau ketemu banjir walau sebetis, mending putar arah walau jauh, beda cerita kalau lagi bawa bebek mesin tegak, hajar terus 😉

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.