Melihat Honda Genio Dibuat Langsung Di Pabrik AHM Cikarang

imotorium.com – Honda Genio, matic yang baru saja akhir pekan lalu saya kendarai keliling kota Jakarta kini bisa saya dan teman – teman kulik langsung detailnya dari semua sisi, terutama dari sisi rangka dan mesin yang menggunakan teknologi terbaru.

Agenda hari ini adalah kunjungan ke pabrik / plant tour Honda Genio, sekaligus bedah mesin dari motor matic satu ini. Perjalanan dari kantor pusat Astra Honda Motor di Sunter menuju Plant AHM Cikarang dilalui dengan lancar tanpa kemacetan berarti pagi ini. Kurang dari 1 jam kami semua tiba di kawasan MM2100 untuk langsung melihat lini produksi dari motor matic Honda.

Kumpul Bareng Yuk, Lebih Dari 50 Blogger Nasional Ramaikan Factory Visit Pabrik Astra Honda Motor Di Karawang

Plant 3 AHM di MM2100 ini ternyata berfokus pada produksi motor varian matic seperti Honda Beat series, dan yang terbaru ada Honda Genio. Setelah komplit semua kami mulai berkeliling komplek pabrik perakitan motor Honda yang besar ini. Disini kami melihat bagaimana karyawan yang sudah terlatih bekerja di bagiannya masing – masing.

Tidak diperbolehkan dokumentasi foto dan video dalam lini produksi, hanya diizinkan berfoto di spot yang telah ditentukan. 

Mulai dari memilah komponen mesin, merakit bagian – bagian, menyatukan rangka dan mesin hingga menjadi sebuah sepeda motor utuh, kemudian melalui QC yang ketat dan terakhir langsung menyiapkan motor untuk segera didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Bagian yang menarik dari Plant Tour kali ini adalah melihat proses pembuatan rangka eSAF Honda Genio, yang mana ini benar – benar 100% baru. Rangka dicetak dari plat – plat yang telah disiapkan dengan mesin press dan kemudian melalui pengelasan dengan teknologi laser yang sangat presisi, hampir semuanya dikerjakan oleh robot. Dan hasilnya jadilah rangka eSAF Honda yang simpel, ringan, serta kuat.

Selesai dari Plant Tour, sesi dilanjutkan dengan bedah mesin Honda Genio. Mesin ini jika dilihat sekilas memang seperti sama seperti generasi sebelumnya yang digunakan oleh Honda Beat, Scoopy dll. Namun ternyata ini adalah mesin yang 100% baru dan secara ukuran lebih kompak dibanding mesin generasi sebelumnya. Mesin ini tetap mempertahankan kapasitas 110 cc dengan perubahan yang terlihat dari sisi konfigurasi mesin yang kini jadi overstroke dan kapasitas oli yang dibutuhkan lebih rendah yaitu 650 ml saja.

Mesin ini merupakan penyempurnaan dari mesin 110 cc sebelumnya. Semua komponen yang ada di mesin inipun ternyata berbeda dengan generasi sebelumnya bahkan hingga transmisi CVT yang digunakan.

Yang jelas, Genio ini adalah project besar AHM kedepannya. Apabila Genio memberikan impact positif pada beberapa waktu mendatang, bukan tak mungkin produk motor matic Honda lainnya akan mengaplikasi teknologi serupa seperti yang diterapkan di Honda Genio ini.

Semoga bermanfaat. (imt)

About imotorium 812 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

2 Comments

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.