“Kaminah” Motor Asli Buatan Suriname Rasa Asli Wong Jowo

imotorium.com – Jauh – jauh pergi ke selatan benua Amerika ketemu motor yang namanya “Jawa” banget? Yap.. berarti brosist lagi nyasar di Suriname. Disini ada produk sepeda motor yang namanya berasa Indonesia banget.. “Kaminah motorcycle” namanya.

Seabad lebih sudah Suriname yang merupakan tanah jajahan Belanda didatangi oleh orang – orang jawa. Awal mula mereka datang sebagai buruh kerja kasar untuk mengelola perkebunan yang didominasi Tebu dan Sawit. Kini setelah Indonesia Merdeka dari penjajahan, banyak dari mereka yang tidak pulang ke negara asalnya. Dan di Suriname sana mereka sudah hidup sejahtera, bahkan mendirikan pabrikan motor lokal dengan identitas asli jawa yang mereka beri nama “Kaminah”.

Mungkin di Indonesia jika ada pabrikan motor lokal yang pakai nama tersebut akan jadi bahan guyonan / candaan. Tapi tidak berlaku di Suriname. Mereka disana yang Negaranya berada di bawah Kerajaan Belanda tetap mempertahankan identitas aslinya. Ada rasa bangga pada diri mereka dengan menggunakan nama produk yang sangat “Jawa” sekali.

Sepeda motor buatan mereka termasuk sederhana. Ada beberapa varian yang terinspirasi dari motor yang dijual oleh pabrikan besar seperti contoh ada yang mirip matic Yamaha Nouvo tapi aslinya motor bebek, ada yang mirip Kymco Metica dll.

Berikut adalah screenshot produk motor Kaminah yang merupakan dokumentasi dari video pak Budi Sarwono yang melakukan kunjungan ke Suriname pada tahun 2008. Dan setelah dicek di google, ternyata merk tersebut memiliki website sendiri. Dan pilihan produknya juga banyak, tapi ya itu namanya bukan asli “Kaminah” lagi melainkan ada unsur tiongkoknya menjadi “Wuxi Kaminah”.

Semoga bermanfaat. (imt)

About imotorium 812 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

2 Comments

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.