32 Tahun Menunggu, Samarinda Akhirnya Punya Bandara Megah

imotorium.com – Kalimantan Timur kembali jadi perhatian belakangan ini, ya sebagai Provinsi kaya raya tentu saja keberadaan bandara amat dibutuhkan untuk memudahkan mobilisasi warga. Bila sebelumnya Kaltim memiliki 1 “pintu masuk” yang megah yaitu Bandara Sepinggan, kini Samarinda yang merupakan ibukota dari Kalimantan Timur juga memiliki Bandara baru yaitu Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto.

Pembangunan di Kaltim memang terus digeber semenjak era kepemimpinan Pakde Jokowi. Saat ini saja sedang dibangun akses Tol Balikpapan – Samarinda padahal berkendara lewat jalan nasional pun waktu tempuhnya tidak terlalu lama karena kondisi jalanan bagus dan sepi hanya memakan waktu 3 jam saja. Kini dengan hadirnya bandara baru di Samarinda agaknya akan membuat semakin mudah perjalanan menuju ibukota Kaltim tersebut.

32 Tahun Penantian

Bandara yang Letaknya di kawasan Sungai Siring dengan codename IATA : SRI dan ICAO : WALS sejatinya sudah beroperasi sejak 24 mei 2018 dan menjadikan Bandara ini sebagai yang terbesar kedua di Kalimantan Timur. Beberapa alasan tertundanya pembangunan Bandara ini yang sudah direncanakan sejak tahun 1986 yaitu akibat masalah krisis ekonomi pada 1997 kemudian pada medio 2000-an sempat ada “rebutan” antara Pemkab Kutai Kartanegara dan Pemkot Samarinda yang mana saat itu bupati Kutai Kartanegara juga ingin membangun Bandara di wilayahnya sendiri yang jelas hanya terpisah oleh Sungai Mahakam, namun akhirnya diambil alih oleh Pemprov setelah dibuatnya Nota Kesepakatan.

Dan tentu saja, Bandara yang kemarin (25/10) diresmikan oleh Pakde Jokowi ini sudah memiliki standar yang cukup panjang untuk didarati pesawat komersial narrow body seperti Boeing 737 series atau Airbus A320 series. Panjang runwaynya sendiri 2.250 meter hanya sedikit lebih pendek dari Bandara Sepinggan yang memiliki panjang runway 2.500 meter.

Maskapai sudah siap melayani

Lantas dengan hadirnya Bandara baru ini juga, akan menggantikan fungsi bandara sebelumnya yaitu Bandara Termindung yang termasuk bandara kecil. Pakde Jokowi sendiri menargetkan agar sudah ada maskapai yang membuka rute menuju Bandara APT Pranoto dalam waktu dekat ini. Maskapai yang siap melakukan perjalanan langsung menuju Bandara baru Samarinda tersebut adalah Lion Air dengan sementara ini merilis jadwal penerbangan langsung dari berbagai Bandara besar di Pulau Jawa seperti Bandara Soekarno Hatta, Bandara Hasanuddin Makassar, dan Bandara Juanda Surabaya.

Jadwal flight Lion Air yang siap menuju Samarinda

JT 766 CGK-SRI 14.20-17.25
JT 769 SRI-CGK 09.20-10.25
JT 732 SRI-UPG 10.35-12.00
JT 733 UPG-SRI 08.40-09.55
JT 377 SRI-SUB 15.40-16.10
JT 376 SUB-SRI 12.35-15.05

Tentu saja selain Lion Air, akan ada maskapai nasional lainnya juga yang akan membuka rute penerbangan langsung ke Samarinda. Semoga Kaltim semakin maju lagi, dan semakin makmur. (imt)

foto : skyscrapercity.com

About Aditya 722 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Punya channel Youtube imotorium VLOG dan kadang - kadang host di KarsTV Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.