Review Injector Cleaner Honda Genuine Parts, Mesin Terasa Lebih Enteng


imotorium.com – Makin kesini teknologi yang digunakan di sepeda motor semakin canggih, hampir semua merk dan tipe motor kini sudah mengandalkan injeksi sebagai “jantung” menggantikan karburator. Tentu saja banyak hal yang berbeda diantara keduanya salah satunya adalah perawatan.

Motor Injeksi tentu lebih efisien karena segala sesuatu yang berhubungan dengan mixing bahan bakar dengan udara seluruhnya diatur melalui ECU, dan ECU ini menyesuaikan kebutuhan mesin berdasarkan sensor – sensor yang diaplikasikan tersebut.

Nah, tentu saja mengingat Indonesia ini kualitas bahan bakarnya bisa dibilang belum begitu baik, tentu saja seiring pemakaian kendaraan maka akan menghasilkan deposit kerak yang bisa menghambat suplai bahan bakar ke perangkat injektor hingga masuk ruang bakar.


Inilah mengapa cairan Injector cleaner diproduksi, salah satunya produk dari Honda Genuine Parts ini, Injector Cleaner ini memang dirasa perlu untuk pembersihan berkala deposit kerak yang ada di perangkat injektor hingga ke silinder mesin motor.

Semua merk motor bisa

Berhubung motor injeksi di rumah hanya Suzuki GSX-S150, jadi penulis aplikasikan cairan ini ke Suzuki GSX-S150 setelah sebelumnya tangki dalam posisi rest dan kemudian diisi bbm pertamax 92 sebanyak 50.000 rupiah (5,8 liter)

Kebetulan sekali posisi motor juga belum masuk service lagi, dan kilometer sudah menyentuh angka 5500 (jarang dipakai) jadi ideal, sebagaimana peruntukannya injector cleaner ini sendiri bisa dipakai setiap motor menyentuh 5000-8000 km.

Setelah dituang, dan tangki ditutup rapat kembali, motor tinggal digunakan seperti biasa. Memang ada bau yang agak aneh dari knalpot, ya itu pertanda larutan injector cleaner ini sudah bercampur dengan bahan bakar, dan sudah bekerja membersihkan mesin.

Tidak perlu bawa motor sambil digeber, memang di beberapa forum dan milis yang membahas cara kerja injector cleaner ini, agar lebih maksimal membersihkan kerak di mesin, maka harus sesekali digeber sampai mendekati redline. Tapi ya penulis ngga mau maksa, toh mesin motor kan putaran rpmnya lebih tinggi dibanding mobil, jadi gas santai aja dijamin kerak yang ada rontok sendiri.

Setelah pemakaian Injector Cleaner beberapa hari..

Mesin jadi terasa lebih enteng, memang bensin yang bercampur injector cleaner ini belum habis sepenuhnya, namun kini akselerasinya lebih berasa, apalagi di pagi hari setelah cold start dan dipanaskan sebentar. Gejala knocking dalam kondisi dingin hilang, memang ampuh deh Injector Cleaner ini

Impresi ini sama rasanya seperti 5 tahun yang lalu menggunakan carbon cleaner pabrikan biru di motor Honda Revo Absolute yang masih karburator milik penulis. Toh lintas merk tidak apa – apa, sama saja intinya membersihkan injektor dan ruang bakar.

Rekomen deh pakai Injector Cleaner Honda Genuine Parts ini, cek harganya di AHASS juga terjangkau Rp. 25.000 perbotol. Lumayan murah untuk sebuah produk engine treatment.

Semoga bermanfaat. (imt)

Facebook Comment
The following two tabs change content below.
Senang naik bus, kapal, pesawat. Hobi naik motor sama foto - foto Apalagi makan, perut karet bisa masuk apa aja. Thanks lho sudah mampir ke warung sederhana ini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, titip link artikel juga monggo. Semoga bermanfaat

7 Comments

Komentar Seikhlasnya Yak Disini