Advertisements

Steinwinter Bus / Nutzfahrzeuge 2040, Kendaraan Supercargo Futuristik Berbasis Mercedes-Benz

imotorium.com – Pernah nonton film back to the future? yak.. seperti itulah rasanya bila melihat mobil truck ini atau lebih pantas disebut apa ya.. sedan beroda besar ini yang dahulu sempat membuat pangling publik pada tahun 1980-an karena konsep mereka yang amat futuristik.. ya.. ini dia si kuda jingkrak asal Stuttgart Jerman.. Steinwinter.


Hadir di Frankfurt Motorshow 1983.. Eksotik rasanya melihat karya pabrikan yang masih sekampung dengan raja sportcar asal Jerman.. Porsche. Eksis pada tahun 1969.. Steinwinter tidak memiliki sumber daya sekuat pabrikan jerman lainnya. Konsep kendaraan mereka buat adalah menghadirkan sosok truk yang tangguh dan bertenaga besar namun memiliki kenyamanan bak sebuah sedan / sportcar.

Tinggi Truk Steinwinter Nutzfahrzeuge ini sendiri cuma 1170 m. Dalam artian benar – benar ceper.. 1,1 meter mazbro.. itupun dilengkapi Air Suspension, ABS, Limited slip differential dan Climate control.. Cabinnya sendiri memang benar – benar menyuguhkan kenyamanan bak sebuah sedan sport.. dengan bucket seat, lapisan kulit hampir di seluruh interior dan dashboard full digital. Mr. Steinwinter sang pendiri saat itu percaya.. bahwa dengan mengurangi tinggi truk.. akan diikuti dengan berkurangnya konsumsi bahan bakar.. melihat keadaan saat itu (hingga sekarang) truk memiliki desain tinggi yang tentunya juga memiliki Coefficient of Drag yang tinggi juga.

Basis Steinwinter ini sendiri mengambil dari chassis Mercedes-Benz yang dimodifikasi sedemikian rupa.. yang juga ditenagai oleh mesin OM442 berkapasitas 15.000 cc v8 yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 290 hp (bahkan bisa sampai 530 hp dengan aplikasi twinturbo)

Steinwinter Nutzfahrzeuge ini sendiri bahkan sempat membuat duo pabrikan raksasa DAF dan Isuzu menunjukkan ketertarikan untuk menanamkan investasi mengembangkan si tractor head ceper ini. Namun batal karena beberapa alasan.. diantaranya adalah karena posisi mengemudi yang tidak lazim, diberitakan bahwa dalam ujicoba saat bermanuver, Steinwinter Nutzfahrzeuge ini mengalami understeer.. begitupun saat dihubungkan dengan trailernya. Dari sisi efisiensi bahan bakarpun tidak menunjukkan bahwa model tractor head yang rendah seperti ini lebih irit konsumsi bbmnya.. malahan karena sulitnya bermanuver akibat beban yang diterima oleh roda depan lebih berat dibandingkan truk konvensional malah membuat konsumsi bbmnya cenderung lebih boros.

Pernah membayangkan mengendarai sebuah truk berbobot hingga 40 ton dengan posisi mengemudi bak mengendarai sebuah sedan sportscar seperti Mercedes SLK?? harus cukup gila atau sekalian gila untuk bisa menahan bodyrollnya.

Padahal, bila saat itu konsep truk trailernya berhasil.. Steinwinter juga akan memproduksi versi busnya.. tentu saja bila dilihat dari gambaran konsepnya.. versi bus ini terlihat sangat ciamik.. dan jauh lebih baik dibanding versi truknya. Posisi pengemudi yang terpisah sendiri dibawah dan di dek atas semuanya full didedikasikan untuk penumpang.. membuat bus ini akan benar – benar sangat keren, walau kekurangannya sang sopir sama sekali tidak dapat berinteraksi dengan penumpangnya.

semoga menambah wawasan ya. :mrgreen: (imt)

source : autoforum.cz

<

Advertisements

4 comments

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: