Advertisements

2017 Honda CBR1000RR Fireblade : Balik Ke Desain Lama, Honda CBR954RR Fireblade

2017 Honda CBR 1000 RR Fireblade

Kok bisa kasih judul seperti itu? yak, karena penulis kali ini bilang sepertinya Honda lagi kekurangan ide untuk desain motornya.. Bagian headlamp yang penulis sorot kali ini.. memang ini masalah selera namun sesuai rilisan render All New Fireblade dari MCN di atas.. bisa dibilang Honda mencoba menghidupkan lagi desain motor lamanya..

2017 Honda CBR 1000 RR Fireblade 4

Ya, selera terus berputar seiring jaman.. yang bernuansa retro hidup kembali sudah menjadi biasa. CBR1000RR yang disebar MCN ini ngga enak dilihat dari bentuk headlampnya.. kalau para fanboy motor di Indonesia pasti bakal ngomong itu headlamp mirip kepunyaan Mio Smile.. lah kalau dirunut lagi sepertinya memang benar juga.. segala dimirip – miripin.. tapi penulis berpendapat itu headlamp menghidupkan kembali nuansa CBR954RR yang pernah diproduksi Honda 2002-2003.

2017 Honda CBR 1000 RR Fireblade 5 954rr

desain headlamp model ini akhirnya nurun juga ke motor skutik di Indonesia.. Honda beat

Berdasarkan kutipan dari artikel om leopold, berikut temuan yang dipaparkan oleh MCN

  1. Mesin baru. Akan melepaskan tenaga lebih besar dari CBR lama yakni di kisaran 185HP. Ahhh kalah sama BMW S1000RR atau ZX10R mas. Wess.. nanti dulu. Being a CBR, menurut HONDA, is not about how much is your top HP. Tapi seberapa rideable tenaga itu.

  2. Lebih ringan 8 kg. Ini signifikan untuk kelas sport. HP naik hampir 10 HP, tapi bobot turun 8 kg. Tentu akan membuat power to weight ratio menjadi lebih tinggi.

  3. Sharper handling. CBR dikenal dengan kenyamanan. Namun nampaknya di edisi 2017 ini, melihat gebuk-gebukan kelas sport 1000cc begitu sengit di pelbagai ajang kompetisi, CBR baru dirancang untuk lebih nimble dan tajam dalam handling. “Ada banyak upaya yang dilakukan untuk membuat motor ini lebih cepat dan intuitive saat berbelok, tester profesional mengatakan CBR baru ini a much sharper bike“.

  4. Smart EC Semi-active suspension by Ohlins. Setara dengan yang terpasang di Ducati 1299 Panigale S. Suspensi ini terkoneksi dengan IMU (Inertia Measurement Unit) untuk memastikan motor tetap stabil baik saat braking, akselerasi maupun cornering dengan cara melakukan adjustment terus menerus ke damping depan dan belakang.

  5. New headlamp berdasarkan patent US.

  6. Air-ram yang besar dan khusus dipatenkan meliputi: headstock air intake yang baru, airbox baru, sistem fuel injection yang baru untuk memastikan mesin tetap optimal melepas tenaga di RPM atas.

  7. New electronics. termasuk sistem ABS yang dikembangkan oleh Bosch. Meliputi traction control, anti wheelie, cornering ABS dan bobot modul yang hanya 3.5 kg (sebelumnya hampir 10 kg).

  8. Meskipun perubahn pada feature dan mesin cukup dalem, namun pada level penampilan perubahnnya minor dibandingkan model yang sebelumnya.

Speknya secara umum menggiurkan, walau produksi tenaga masih bisa dibilang inferior dibanding pesaingnya, Namun penurunan bobot yang lumayan signifikan akan berdampak banyak terhadap performa ini motor. Ternyata desain headlampnya berdasarkan patent US.. yaa.. Headlamp seperti itu dikarenakan adanya juga Air Ram yang berukuran besar.. namun kenapa desainnya ngga banget ya dibandingkan generasi sebelumnya.. Masih gantengan kemana – mana Honda Fireblade yang diproduksi sejak 2012 hingga sekarang (Gen 12).

2017 Honda CBR 1000 RR Fireblade 2

Semoga saja masih ada revisi desain headlamp sehingga ini motor bisa lebih enak dilihat..

Advertisements

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: