Motor

Mengetahui Motor Bekas Banjir? Berikut Ini Cara Mudahnya.

imotorium.com – Mengetahui motor bekas banjir? ya pasti banyak yang bertanya -tanya apalagi yang ingin membeli motor bekas. Apabila tinggal di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya tentu akan mudah sekali menemukan iklan jual beli motor bekas. Nah berikut ini saya akan bahas cara mudah agar kita mengetahui motor yang dijual tersebut bekas banjir atau tidak.

Tidak sedikit orang yang langsung menjual kendaraannya sehabis kena banjir seperti yang terjadi di awal tahun 2020 ini. Tentu saja alasannya beragam, kebanyakan pasti dikarenakan kondisi motor sudah tidak enak lagi pasca terendam banjir. Walaupun sudah dilakukan service seperti mengganti oli mesin, mengeringkan seluruh bagian part motor, melumasi bagian motor yang bergerak seperti bearing dll tetap saja ada yang merasakan bahwa performa motor sudah tidak enak seperti sebelumnya.

motor bekas banjir

Jangan hanya lihat kondisi motor dari tampilannya yang kinclong

Keadaan seperti ini kadang membuat sebagian orang atau pedagang menjual motor bekas banjir tersebut tanpa bercerita jujur dengan kondisi yang dialami sebelumnya. Ya karena pasti akan membuat harga bekas motor jadi sangat murah alias harganya jatuh. Nah tentu saja untuk menyamarkan kondisi minus tersebut motor akan dipoles terlebih dahulu. Namun ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan sebelum membeli motor bekas tersebut.

Cek lokasi tempat tinggal si pemilik motor sebelumnya

Butuh kejujuran bagi penjual apabila memang tinggal di lokasi yang pernah terendam banjir. Nah untuk pembeli agar tidak segan menanyakan alamat jelasnya tersebut. Namun tidak melulu motor yang pemiliknya tinggal di lokasi rawan banjir itu buruk kondisinya. Banyak juga pemilik motor yang care terhadap kendaraannya dan memang setelah motornya terendam banjir sesudah itu melakukan service besar untuk mengembalikan kondisi motor. Brosist minta saja untuk melihat riwayat service dari motor tersebut sebelum membelinya.

Cek kondisi motor pada beberapa bagian ini 

Pada bagian ini yang pertamakali dicek adalah mesin. Pastikan suara dari mesin terdengar normal dan tidak ada bunyi -bunyi aneh. kemudian cek juga ketinggian oli mesin, biasanya pedagang nakal itu mengakali agar suara mesin terdengar halus dengan menambahkan takaran oli mesin melebihi batas seharusnya. Untuk motor bebek dan matic bisa cek di dipstick, dan untuk motor sport biasanya ada semacam lubang transparan di crankcase untuk melihat ketinggian oli.

Baca juga : Motor Terendam Banjir? Berikut Cara Menanganinya

Kemudian juga cek pergerakan stang, biasanya motor bekas banjir itu jadi agak berat dan berbunyi stangnya akibat bearing yang kekurangan grease bahkan kotor akibat endapan lumpur didalamnya. Sambungan antar panel body juga bisa mencerminkan kondisi tersebut. dan cek juga tombol -tombol di kemudi motor, jika pernah terendam banjir ada kemungkinan beberapa tombol seret pergerakannya bahkan tidak berfungsi semisal klakson, sein, dimmer, engine cut off, hingga tombol riding mode di beberapa motor tertentu.

Terakhir cek bagian – bagian yang seharusnya kedap air seperti speedometer, headlamp, stoplamp, dan turn signal alias lampu sein. Biasanya akan ada sisa endapan lumpur kering di bagian bawah kaca atau mika pelindung. Tentu saja jika kondisi sealnya masih bagus air tidak akan rembes kedalamnya.

Kalau perlu ajak saja penjual untuk melakukan check kondisi motor di bengkel terpercaya. Untuk meminimalisir kemungkinan motor dijual dalam kondisi rusak dalamannya. Jika penjual tersebut jujur tentu tidak akan ragu untuk melakukan check kondisi langsung di bengkel. Jika penjual motor yang brosist ajak itu sudah ragu, lebih baik ya tinggalkan saja dan cari unit motor bekas lainnya.

Semoga bermanfaat.(imt)

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

21 thoughts on “Mengetahui Motor Bekas Banjir? Berikut Ini Cara Mudahnya.

  • cek bagian las lasan (sambungan antar part) biasanya sudah banyak berkarat…

    Reply
  • Penting banget nih bagi yang hendak cari motor bekas.

    Reply
  • Nahhh infonya bermanfaat banget nihhh buat yang lagi cari motor second

    Reply
  • bagus tipsnya kayaknya bawa temen yang negrti meisn bisa jadi solusi juga

    Reply
  • wah nais info, kalau beli motor bekas harus hati-hati. Di cek teliti, barangkali motor bekas banjir

    Reply
  • kalau untuk body,. atau rangka masih okelah meski habis terendam banjir,. yang repot urusan mesin kalau sampe rusak,. apalagi pemilik ndak betul-betul service setelah kena banjir.

    Reply
  • Thanks mbah buat infonya,berguna banget nih buat orang awam yang parno ketika mau beli motor seken tapi takut bekas kena banjir. Dengan artikel ini setidaknya mereka punya gambaran mengenai apa saja yang dicek sebelum mereka memutuskan membeli motor seken.

    Reply
  • Hmmm…musim banjir, harus lebih jeli kalao beli second. Atau mungkin nunggu musim kemarau tiba dulu….hehehe.

    Reply
  • minta garansi sm yg jual, kalau bekas banjir, uang kembali, motor tidak 😀 😀

    Reply
  • Informasi menarik, siap digunakan kalau nanti mau beli motor di Jabodetabek lagi

    Reply
  • cocok banget nih artikel dengan kondisi saat ini
    banyak banget motor yang tenggelam kerendem banjir,
    patinya kalau salah perlakuakn, bisa rusak dan segera dijual sama pemiliknya
    makanya artikel ini sangat bermanfaat bagi yang sedang cari motor second

    Reply
  • Harus sangat detail dan yang terpenting adalah jangan keburu nafsu dengan tampilan luarnya..

    Reply
  • Lem biru aja cepet. Hahaha..tapi nice info lah buat yang mau cari bekakas

    Reply
  • Thx infonya min, btw belum pernah punya pengalaman beli motor second, bukan karena gak percaya ama kondisi motor second tapi males proses balik namanya aja sih

    Reply
  • nais info om… tips nya membantu banget neh

    Reply
  • TerasBiker.com

    Nice info Om….jadi mesti hati-hati ya

    Reply

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: