Motor

Motor Terendam Banjir? Berikut Cara Menanganinya

imotorium – Banjir jadi headline utama pada awal tahun baru 2020 ini. Motor terendam banjir? Berikut adalah pantangan yang harus dipatuhi kalau mau motormu tetap selamat dan ngga rusak parah brosist sekalian.

Memang Indonesia terbilang telat memasuki musim hujan pada tahun 2019 ini, intensitas hujan baru terjadi pada pertengahan desember 2019 dan pada awal 2020 ini Jakarta sekitarnya mengalami musibah banjir. Nah tentu saja ini menimbulkan kerugian besar. Di medsos kita bisa melihat banyak sekali kendaraan yang terendam bahkan hanyut terbawa arus.

Terus apa yang terlarang untuk dilakukan dan apa yang harus saya lakukan? 

1. Jangan jumawa menerabas banjir mentang – mentang motornya dilabeli motor tangguh, adventure, motor petualang dll oleh pabrikan. Ingat ini kondisi bencana banjir, bukan sedang menjalankan hobby menjelajah alam. Jadi lebih baik cari alternatif jalan lain walaupun itu memutar cukup jauh dibanding motor diajak berendam apalagi sampai diatas knalpot. Resiko air masuk ke mesin itu besar, bakal memungkinkan terjadi water hammer.

Baca juga : Fenomena Long Weekend Di Indonesia, Refreshing atau Nyari Capek???

2. Melewati banjir yang masih dibawah mesin, tapi ngebut – ngebutan. Ini sih konyol namanya, selain bikin cipratan ke samping juga bakal memungkinkan kamu untuk terjatuh karena terjadi hydroplanning / aquaplanning. Dan bila terpaksa menerabas banjir selalu gunakan gigi rendah dan gss secara konstan. Ini tidak berlaku untuk motor matic karena walaupun mesin menyala jika cvt terendam tetap saja bakal mandek, ngga jalan karena slip.

3. Kalau sekarang hujan dan ada tanda – tanda motor bakal kerendam, lebih baik segera evakuasi ke tempat lebih tinggi. Bisa numpang parkir dulu di rumah teman atau tetangga atau saudara yang aman dari banjir untuk sementara waktu.

Motor terendam banjir

4. Posisi motor parkir dirumah, dan terlanjur terendam banjir. Nah ini asli serem, jangan lupa untuk untuk cabut aki dari motor agar kelistrikan tidak bermasalah. Kemudian tindakan selanjutnya ya motor itu jangan dinyalakan, jangan diselah kick starternya atau ruang bakar bakal beresiko kemasukan air. Dan kalau bisa ya setelah surut bawa ke bengkel, bongkar total seluruh bagian termasuk mesin. Keringkan semua part dan tentu saja ini adalah tindakan terbaik yang bisa dilakukan.

Yah setidaknya itu adalah cara untuk meminimalisir kerusakan pada motor. Yah semoga tips singkatnya berguna. (imt)

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

19 thoughts on “Motor Terendam Banjir? Berikut Cara Menanganinya

  • kalau udah nemu banjir lebih dari setengah velg sih biasanya pilih menghindar…
    water hammer bisa bikin puyeng tuh…
    semoga saja banjir jakarta lekas surut…

    Reply
  • Iya aku lebih memilih menghindari melintasi banjir deh dari pada mengobati hehe

    Reply
  • tipsnya bermanfaat nih..dulu pernah motor vario kerendem sampe setengah bodi…untungya tetep sehat…mungkin lagi beruntung kali yaaa

    Reply
  • Kalau kepalang tenggelam baiknya langsung ganti oli, jangan dihidupkan mesinnya

    Reply
  • Setuju sama nomor 1. Jangan jumawa mending menghindari hal hal seperti itu hehe

    Reply
  • Betul mbah, apalagi bawa matic paling was-was kalau ketemu banjir walau sebetis, mending putar arah walau jauh, beda cerita kalau lagi bawa bebek mesin tegak, hajar terus 😉

    Reply
  • Vote nomor satu, yang sering terjadi saat musibah banjir di jakarta saat ini.

    Reply
  • untuk daerah yang rawan banjir,.dari awal harus siapkan parkiran yang tinggi,. buat jaga-jaga andai terjadi banjir,. tinggal naikin motor dah,.

    Reply
    • Betul, ngga ada ruginya kok putar balik + mutar lebih jauh

      Reply
  • nomer satu apakah sering dilanggar kaum arrowgun? 😂😂😂😂

    Reply
  • Tambah lengkap saja nih trik motor hadapi banjir dari group GBO.
    Rugi nih yg nggak baca

    Reply

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: