Mengenal Power to Weight Ratio dan Safety Riding Bersama Yamaha

imotorium.com – Yamaha mengadakan berupa workshop seputar Power to Weight Ratio dan Safety Riding bersama Yamaha yang berlokasi di Yon Zikon 14 Jagakarsa dan dihadiri oleh beberapa blogger dan vlogger.

Ini adalah pertama kalinya saya bisa mengikuti pelatihan Safety Riding dari Yamaha. Tentu saja berfokus pada kualitas berkendara yang baik dan aman, disini juga dijelaskan bahwasanya bobot tambahan yang diberikan di kendaraan sangat memberikan pengaruh besar pada kualitas akselerasi dan handling motor tersebut.

Power to Weight Ratio yang ideal menurut yamaha adalah mendekati angka 1:1, jika terlalu kecil angkanya maka motor akan underpower dan tidak bisa melintasi medan yang cukup berat semisal dalam keadaan menanjak ketika berkendara ke lintas pegunungan dan sebaliknya jika angka PWR terlalu besar, maka motor akan sangat agresif dan sulit dikendalikan handlingnya.

Yamaha aerox S dengan bobot tambahan

Nah di sesi ini disediakan Yamaha Aerox tipe S yang punya kapasitas bagasi yang cukup besar dan kebetulan Aerox ini adalah line up skutik Yamaha 155 cc yang punya bobot paling ringan diantara matic lain dikelasnya. Bobot yang ditambahkan ke bagasi berupa barang – barang yang beratnya total mencapai 19 kg, dan kita disini akan merasakan seberapa pengaruhnya bobot tambahan tersebut terhadap akselerasi, handling dan weight balance motor.

Test Ride Yamaha FreeGo 125, Cocok Banget Buat Urban Commuter

Dan pada run awal, motor dalam posisi terisi beban tersebut. Kami diminta satu persatu mempraktekan dan merasakan perubahan pada akselerasi dan trajektori motor ketika menikung dan zigzag, benar saja dengan keadaan seperti ini lebih baik berkendara dengan kecepatan yang lebih santai, agar motor bisa dikendarai dengan baik dan handlingnya bisa dikuasai akibat sedikit perubahan pada weight balance setelah ditambah beban 19 kg tersebut.

Safety Riding Yamaha

Dan sesi kedua, beban 19 kg tersebut dilepas dari motor, tentu saja ini menjadikan motor dalam keadaan default, dengan tanpa beban tambahan di bagasi, weight balance motor menjadi normal dan power to weight rationya membaik. Dan saat diuji kembali melahap trek seperti berakselerasi, zigzag, menikung dan mengerem performanya jadi jauh lebih baik.

Yamaha New R25 Safety Riding

Tentu saja implementasi ilmu Safety Riding bersama Yamaha ini saat bermanfaat ketika diterapkan di kondisi jalanan sesungguhnya, yang mana kita selalu dihadapkan dengan kondisi tidak terduga dari traffic behaviour, dan tambahan bobot tersebut bisa memberi sedikit gambaran bahwa motor bisa berubah karakternya ketika dipakai sehari – hari katakanlah kita membawa barang belanjaan atau mungkin membonceng penumpang, tentu sudah sewajibnya lebih aware dan lebih tenang dalam berkendara.

Jadi ini benar – benar kegiatan bermanfaat dan positif bagi kita semua. Semoga brosist selalu berkendara dengan aman dan nyaman yah. Ingat keluarga di rumah selalu menunggu kita kembali dengan membawa kebahagiaan.(imt)

About imotorium 822 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.