Setelah 20 Tahun, Akhirnya Trip Lagi Naik Bus ALS ke Medan

imotorium.com – Assalamualaikum, terhitung 2-3 hari kedepan penulis mungkin bakal slow respon karena akan melakukan perjalanan menggunakan bus Antar Lintas Sumatera (ALS) menuju Kota Medan, ya dimana ini adalah kampung halaman kedua penulis, rencana cuma seminggu aja sih disana.

Bus ALS Economy AC Jakarta Medan

Perjalanan ini sebenarnya bersifat dadakan, terlintas begitu saja memanfaatkan waktu santai di bulan November ini. Yaa sekalian flashback perjalanan serupa dengan bus dari perusahaan yang sama namun tentu saja, kali ini melewati rute berbeda dari yang biasanya penulis dan keluarga selalu lewati.

Baca juga : Tips Hemat Makan Selama Perjalanan Lintas Sumatera

Ini bus kelas Ekonomi AC, harga tiket cuma selisih 85.000 rupiah

Biasanya dulu ayah dan almarhumah ibu beserta penulis yang masih kecil selalu menaiki bus yang melewati rute lintas timur Sumatera, yang mana rutenya melewati Lampung – Palembang – Jambi – Pekanbaru – Kisaran – Medan dan ditempuh dalam waktu 2 hari 2 malam. Namun kali ini penulis yang berangkat sendiri memilih rute yang lebih panjang yaitu melewati Lampung – Baturaja – Sorolangun – Singkarak – Bukit Tinggi – Padang Sidempuan – Toba – Medan.

Penulis masih ingat, tahun 1997 waktu itu perjalanan bertiga dari Jakarta menuju Medan. Itu adalah jaman keemasan dari Transportasi darat dan laut. ALS waktu itu masih menyediakan kelas Super Executive 2-1, dan kala itu benar – benar surprise sekali karena dapat bus yang baru saja keluar dari Karoseri. Ingat sekali penulis busnya menggunakan body Intalan dengan chassis yang sepertinya menggunakan Mercedes-Benz OH 1518 / 1521

Rute lintas tengah ini lebih dikenal dengan jalurnya yang lebih jauh jarak tempuhnya (2106 km menurut maps) dan memiliki panorama yang Indah, melewati dua danau terbesar di Sumatera dan melewati panjangnya pegunungan Bukit Barisan dari sisi selatan hingga utara. Dan di beberapa lokasi seperti di Kotanopan serta di Aek Latong akan melewati jalan yang bisa dibilang “semi offroad”.

Baca Juga : Sejarah Bus ALS

Lagi kangen aja menjelajah lagi, emang dah dasar bawaan diri penulis sih hehehe.. Senang merantau jauh ke daerah yang masih kental adat istiadatnya atau cuma sekedar lewat aja kayak gini rasanya udah senang banget.. Dan beruntung sekali kali ini dapat bus dengan Nomor pintu 358, Mercy OH1526 Dengan Body Tentrem Avante yang masih kinyis – kinyis

Penulis sendiri memilih menggunakan bus ALS kelas Executive / AC Toilet dengan tarif 500.000 rupiah sampai Kota Medan. Cukup murah mengingat jarak tempuhnya yang super panjang dan pengalaman yang ditawarkan juga akan sangat menyenangkan. Untuk trip report menyusul yah, dalam bentuk VLOG dan artikel pastinya.

Ingat, kondisi armadanya gambling lho ya, kalau naik bus ALS sekalinya dapat yang bagus ya bagus banget, sekalinya dapat yang biasa yaa alhamdulillah, yang penting diberi keselamatan dalam perjalanan.

Semoga dilancarkan, amin. (imt)

About Aditya 730 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Punya channel Youtube imotorium VLOG dan kadang - kadang host di KarsTV Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

3 Comments

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.