GIIAS 2018 : Mengintip Detail Adiputro Ultra High Deck, Bus Lowdrive Pertama Di Indonesia

imotorium.com – Langsung dari arena GIIAS 2018 kemarin, tanggal 2 tepatnya di acara pembukaan, Bus Adiputro Jetbus 3 UHD yang foto penampakannya sempat viral kini ada di depan mata dan langsung saja penulis review.

Berchassis Mercedes-Benz OC 500 RF yang menggunakan triple axle, bus ini memiliki sisi menarik karena deknya yang amat tinggi dan posisi sang driver yang begitu rendah menjadikan bus ini punya dua lantai, dek atas untuk penumpang dan dek bawah untuk driver dan kru.

Bus ini secara tampilan eksteriornya bisa dibilang familiar, ya mengambil desain dari Mercedes-Benz Setra dan kebetulan Adiputro adalah pemegang lisensi untuk membuat body setra dengan Penamaan sendiri yaitu Jetbus 3 UHD.

Sisi headlamp, selendang samping, desain sekat kaca depan hingga stoplamp semuanya masih serupa dengan Jetbus 3 HDD yang rilis awal tahun ini di GIICOMVEC 2018. Memang bagi sebagian pencinta dan pengamat bus ini terasa membosankan tapi ya desain ini bisa dibilang paling aman, dan lumayan timeless.

Pintu depan dan tengah bus ini menggunakan pintu tipe slide, uniknya pintu depan slidenya mengarah ke depan, dan lumayan lega. Dari pintu depan langsung kita disuguhkan kokpit driver dan crew serta ada akses ke ruang kecil diatas roda depan yang bisa digunakan sebagai ruang tidur kru atau untuk menaruh barang bawaan.

Langsung naik ke kabin atas, bus ini menghadirkan nuansa bak sebuah bus double deck, mengintip ke seat paling depan sangat amat leluasa pandangannya. Disediakan juga layar touchscreen kecil di setiap seat untuk hiburan penumpang sepanjang perjalanan. Dek depannya sendiri lantainya agak sedikit meninggi dibanding lantai dek tengah ke belakang karena untuk mengakomodir ruang bagi driver di bawah.

Baca juga :

Sejarah Karoseri Ternama Asal Malang, Adiputro

Headroomnya sendiri bisa dibilang lumayan, bagasi dilengkapi cover dan sayangnya, bus tinggi ini setelah diamati ternyata tidak dilengkapi toilet.

Bagasinya yang super lega itu sendiri ternyata tidak seperti yang digosipkan oleh para pencinta bus yang katanya bisa memuat mobil kecil, karena ketika dibuka ternyata tetap ada rangka bus bertipe spaceframe melintang dan idealnya bisa masuk sepeda motor saja.

Kabarnya, bus yang dipamerkan hingga tanggal 12 Agustus nanti ini sudah dibeli oleh PO. Pandawa 87 asal pasuruan yang memang bisa dibilang kolektor body bus adiputro dari berbagai tipe. Jozz banget.. Aemoga kedepannya ada PO bus reguler yang juga menggunakan body ini untuk armada AKAP.

Tonton juga videonya disini, oya sekarang penulis juga punya channel youtube yang isinya video review menarik dan vlog motor juga lho.

Semoga bermanfaat. (imt)

About Aditya 723 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Punya channel Youtube imotorium VLOG dan kadang - kadang host di KarsTV Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.