BusHistory & Profil

Mengenal Lebih Dekat PO Pahala Kencana Dan Sejarahnya, Salah Satu Barometer Bus Nyaman Di Indonesia

pahala-kencana-imotorium-4

imotorium.com – Muria-an, istilah ini lazim terdengar bila membahas bus – bus yang memiliki performa pelayanan yang baik dan juga bus yang terkenal karena lari-nya. Namun hanya sedikit nama PO asal Muria yang bermain hingga trayek antar pulau sejak lama. Pahala Kencana salah satunya.. dahulu sering sekali penulis melihat bus ini di Kota Pekanbaru, namun belum ngeh bahwa PK (sebutan untuk Pahala Kencana) adalah bus asal Kota Kudus, walau kini manajemennya sudah pindah berkantor pusat di Kota Jakarta.

pahala-kencana-imotorium

Pahala Kencana adalah salah satu PO kawakan yang sudah berdiri sejak tahun 1976 oleh Bapak Hendro Tedjokusumo di Kota Kudus, Jawa Tengah. Sejak awal PK sudah terjun untuk menjadi salah satu andalan warga kota Kudus dan sekitarnya serta Kota Solo untuk menuju ibukota DKI Jakarta. Seiring perkembangan waktu dan animo masyarakat akan transportasi yang nyaman dan berkualitas, Pahala Kencana mampu memikat hati banyak pengguna setianya hingga akhirnya berkembang trayeknya menjangkau banyak Kota besar dan kecil di Pulau Jawa, Madura, Bali, Lombok bahkan Pulau Sumatra.

pahala-kencana-imotorium-10

1990-an Pahala Kencana menjadi salah satu PO besar di Indonesia, tidak berselang lama pada 1993 PK mengembangkan kembali perusahaan jasa transportasinya dengan membangun Jasa Titipan Pahala Kencana yang mana awalnya bermula dari pengiriman paket – paket barang yang mana mengandalkan sisa bagasi bus yang tidak terisi penuh oleh bawaan penumpang. Dengan ini pula Pahala Kencana mengoperasikan armada – armada bus kargo dan minibus guna mengantar kiriman barang.

Baca Juga :

Profil PO. Rosalia Indah, PO Ternama Asal Solo Raya

PO Sempati Star, Evolusi Dari Bintang Sempati .. Kini Mulai Mendobrak Dunia Otobus Indonesia

Mengenal Si Bus Hitam Membara Asal Jepara, PO Bejeu

Mengenal PO. Haryanto, Buah Manis Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal Seorang Purnawira TNI

Profil PO. Nusantara, Raja Jalanan Asal Muria Raya

Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat

Profil dan Sejarah PO Efisiensi, Primadona Jalur Selatan Jateng Dengan Armada Terbaru

PO Surya Bali, Si Bus Elegan Dari Pulau Dewata

pahala-kencana-imotorium-7

pahala-kencana-imotorium-8

Setelah selama hampir 25 tahun berkantor pusat di Kota Kudus, Manajemen memutuskan untuk memindahkan kantor pusatnya PT. Pahala Kencana ke Kota Jakarta pada tahun 2000 (tepatnya kini berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara). Langkah ini dilakukan untuk memudahkan pengembangan bisnis utama dari PK sendiri. PK tidak hanya mengoperasikan bus antar kota antar provinsi saja, 1997 tercatat PK mulai mengoperasikan sejumlah armada bus kota yang beroperasi di Kota Jakarta, disusul setelahnya mengoperasikan bus rute dekat antar kota dalam provinsi. Rute bus PK sendiri tercatat yang terjauh memiliki jarak sejauh 1.321 km dan rute terdekat sejauh 623 km.

pahala-kencana-imotorium-5

Bicara soal pelayanan dan armada yang digunakan, pasti mengangguk bila Pahala Kencana tidaklah bermain pada bus kelas ekonomi, namun mulai dari kelas bisnis, VIP, Executive dan Super Executive. Kekuatan armadanya kini sudah mencapai 300-an unit bus, yang diisi oleh 2 merk raksasa Mercedes – Benz (1521, 1525, 1526, 1626, dan 1830) dan Hino (RK8, RG).

pahala-kencana-imotorium-9

Untuk bus – bus yang memiliki trayek antar kota di Pulau Jawa – Madura – Bali dalam tiketnya sendiri sudah include makan gratis di Rest Area, sayangnya fasilitas free makan di RM tersebut tidak tersedia untuk trayek tujuan Sumatra, ya wajar saja karena PO – PO lain yang bertujuan ke Sumatra juga tidak ada yang memiliki kebijakan tersebut, sepertinya dikarenakan nantinya harga tiket akan jauh lebih mahal bila service makan juga diikutsertakan.. FYI di RM – RM lintas sumatra sekali makan bisa 25 ribu – an dengan menu yang sederhana.

pahala-kencana-imotorium-6

Overall, PK jadi salah satu pilihan terbaik saat ini, terutama bagi yang ingin menuju pulau Dewata dari Jabodetabek atau kota Bandung. Untuk line Palembang – Jakarta / Bandung pun PK menjadi pilihan terbaik karena jarak antar seatnya lega dibanding kompetitor dengan tarif yang reasonable. Pribadi penulis belum pernah nyoba sih, tapi kalau disalip sering sama PK pas pulkam ke Pekanbaru naik bus dari Jakarta.. hehehe.. :mrgreen: penasaran nih.. kudu planning dari sekarang kali ya untuk rencana “touring panjang” Jawa – Sumatra. Semoga kesampaian :mrgreen:

semoga berguna masbro. (imt)

foto : bismania.com, pahalakencana.com, google

 

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

11 thoughts on “Mengenal Lebih Dekat PO Pahala Kencana Dan Sejarahnya, Salah Satu Barometer Bus Nyaman Di Indonesia

  • Nyobaan yu akh bray nu ka Bali… Bandung – Denpasar pake Hino (rk8 meureun) ???

    Reply
  • Kelas SE nya masih ada emang?

    Dan setau saya gambar seat 2-1 itu punya p.o n3s …yang dulu SE pk pakai pintu tengah bis nya

    Reply
  • jb2msfc

    PK asli kota kudus, cm g tau kenapa ada sebab tertentu yg menyebabkan kantor pusatnya pindah di Jakarta

    Oh ya, selain AKAP, ada lagi Divisi Pariwisata yg dipegang oleh Nirwana. 😀

    Reply
  • Sayang untuk area keberangkatan bandung sudah pada uzur bisnya, legrest kebanyakan sudah rusak semua
    baru rute bandung-lasem yg dapet peremajaan yg lain masih 1525 hehehe…

    Reply
    • imotorium

      walah, bandung sepertinya butuh perhatian ya, belum lama ini juga ada keluhan yang mana seorang ibu cerita ke anaknya, dalam perjalanan bus pk yang ditumpangi sempat dimatikan AC nya dengan dalih untuk menghemat solar.. sungguh sebuah ketidakprofesionalan bila dipertahankan kru semacam ini. mungkin harus ada pengawasan ketat dari pihak manajemen pahala kencana

      Reply
  • Kalau tidak salah pernah ada trayek Kalideres – Cikarang

    Reply

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: