BusHistory & Profil

Lorena 001, Bus Pertama Milik PO. Lorena Yang Masih Dalam Kondisi Baik Hingga Kini (Galeri Foto)

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (72)

Readers, Event IIBT telah berakhir tepat 1 april kemarin, namun lumayan memberikan experience dan menambah wawasan salah satunya tentang sejarah. Ya, tentu saja ini berkat kehadiran mobil bus no.1 dari sebuah Perusahaan Otobus ternama di Indonesia, Lorena. Tentu saja kehadiran bus pertama milik PO. Lorena yang masih dalam kondisi baik hingga kini, si legendaris yang selama ini selalu bersembunyi dengan tenang di dalam garasi pusat Lorena di Tajur, Bogor.. berhasil menarik atensi banyak pengunjung, seperti apa sih kondisi si #01 ini saat dipamerkan di ajang IIBT 2016 tersebut?

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (71)

Kita akan langsung terbawa dengan nuansa dahulu kala, ketika pertama kali melihat si armada Lorena pertama ini dipamerkan dengan gagahnya. Jendela kabin yang lebar hingga sama rata dengan bantalan tempat duduk membuat terbayang betapa nikmatnya jaman dahulu, bus – bus memiliki sudut pandang yang amat luas dari sisi penumpang. Bus ini sendiri dalam plat penjelasannya disebutkan menggunakan chassis Mercedes – Benz OF 1113. Namun bila di lihat secara seksama, sepertinya malah bus Lorena pertama ini masih menggunakan chassis truk Mercedes LP 911 yang mana memiliki ciri khas yaitu overhang depan yang sangat pendek, dan panjang keseluruhan wheelbase bus yang juga tidak terlalu panjang.

Baca Juga :

Profil PO. NPM, Salah Satu Perusahaan Bus Tertua Di Indonesia Asal Sumatra Barat

Profil PO. Nusantara, Raja Jalanan Asal Muria Raya

Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau

Mengenal PO. Primajasa, Keluarga Dari Mayasari Grup

Profil PO. Rosalia Indah, PO Ternama Asal Solo Raya

PO Surya Bali, Si Bus Elegan Dari Pulau Dewata

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga.

Pandawa 87, Pendatang Baru Asal Pasuruan Nan Elegan Di Segmen Bus Pariwisata

Profil PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN), Perusahaan Otobus Asal Bengkulu Yang Terus Berinovasi

PO Sempati Star, Evolusi Dari Bintang Sempati .. Kini Mulai Mendobrak Dunia Otobus Indonesia

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (68)

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (236)

saat didekati, kondisi fisik bus terlihat sempurna, tidak terlihat sama sekali tanda – tanda kerusakan dan keropos sebagaimana yang dialami oleh bus – bus yang sudah berumur tua. Kondisi eksterior masih dipertahankan dengan baik. Bus ini sendiri dibangun dengan body buatan Karoseri Rahayu Santosa, dengan 3 buah pintu, 2 pintu penumpang yang terletak di sisi tengah dan belakang, dan satu pintu supir.

klik foto untuk memperbesar

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (139) IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (140)

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (138)

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (136) IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (69)

Dari sisi Interior, bus ini sayangnya sudah mengalami sedikit perubahan, tentu saja yang jelas terlihat adalah dari seat yang digunakan, kini menggunakan seat produksi Restindo. Maklum saja, bus ini sudah berusia 43 tahun hingga saat ini, sehingga seat yang dahulu kala digunakan tentu saja sudah mengalami kerusakan.

Karena bus ini menggunakan chassis bermesin depan, tentu saja posisi mesin akan terlihat jelas dari interiornya, tepat di samping driver ada sebuah gundukan namun tidak terlalu besar yang dimana didalamnya terdapat mesin Mercedes – Benz OM 352.

klik foto untuk memperbesar

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (65) IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (141)

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (144)

setir pun masih demikian apa adanya. indikator – indikator yang menempel pada dashboard identik dengan bus – bus Mercedes yang digunakan hingga sekarang (1521 dan 1518) kecuali pada indikator speedometer.

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (67)

Sungguh akan sangat sulit menemukan bus dengan kondisi seperti ini di Indonesia, bila ada, beberapa PO yang memiliki armada pertamanya biasanya sudah melakukan rebody pada busnya tersebut.. Lorena telah melakukan langkah yang baik dengan melindungi mobil yang memiliki nilai histori yang teramat tinggi. Semoga saja bus Lorena #01 ini selalu dalam kondisi terawat hingga kapanpun, sehingga nantinya akan selalu dapat di nikmati sebagai bukti nyata salah satu sejarah transportasi di Indonesia khususnya.

Semoga berguna. (imt)

foto :pribadi

Contact me :

<

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

18 thoughts on “Lorena 001, Bus Pertama Milik PO. Lorena Yang Masih Dalam Kondisi Baik Hingga Kini (Galeri Foto)

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: