Kaget Dengan Mahalnya Rumah Makan Lintas Sumatera? Berikut Tips dan Trik Supaya Hemat

imotorium.com – Assalamualaikum, balik lagi nih bro dengan artikel perjalanan menggunakan bus, yah kali ini ingin sharing secara singkat saja tips dan trik supaya bisa menghemat ongkos makan selama dalam perjalanan dengan bus menuju Sumatera. Ini penulis rasa perlu berhubung beberapa waktu ini sering kali muncul postingan keluhan tentang mahalnya biaya makan di rm lintas sumatra.

Bagi bro sist yang sering berpergian dengan bus lintas sumatra tentu sudah paham dong siasat agar bisa menghemat pengeluaran, nah.. ngga semuanya penumpang bus lintas sumatra seperti sebut saja ALS, Lorena, Putra Pelangi, NPM, Medan Jaya, Makmur, Intra, Rapi dan bus – bus Sumatera lainnya itu punya pengalaman dengan perjalanan jauh seperti ini.

Apalagi sekarang seiring tren perjalanan menggunakan bus mulai bergairah lagi sejak banyak bus mewah dan tentu saja mencari pengalaman baru melewati banyak kota bikin banyak orang lebih memilih naik bus ketimbang pesawat walau tarifnya serupa.

diatas adalah contoh orang yang kagetan karena belum pernah melakukan perjalanan darat lintas sumatra

Berikut tips supaya bisa berhemat banyak selama perjalanan :

1. Selalu Bertanya Dulu Sebelum Membeli

Ini adalah poin penting, karena rumah makan di jalur lintas sumatra itu ada beberapa faktor yang membuat hitungan harga makanan yang dijual jadi mahal. Dengan bertanya dahulu tentu akan menghindari “bill shocking” atau kaget ketika tagihan diberikan sesudah makan. Dan yang penting ini juga menghindari oknum pegawai rumah makan menggetok harga lebih pada makanan yang kita sudah makan.

2. Beli Nasi Di Warung Sekitar Rumah Makan

Di beberapa tempat, terkadang di sebelah rumah makan ada warung nasi kecil, tentu saja ini adalah pilihan yang baik karena selisih harganya pasti lumayan jauh dan masakannya pun ngga jauh berbeda. Beli nasi di warung ini, kemudian bungkus, dijamin harganya ngga bakal semahal di Rumah Makan.

3. Beli Nasi Di RM Namun Dibungkus

Hitungan nasi padang selalu berlaku, bila dibungkus pasti nasinya lebih banyak porsinya. Dan pastikan juga, ambil lauknya jangan berlebihan. Hindari lauk seperti sayuran kol atau makanan yang menghasilkan gas di lambung, ini bakal membuat perasaan begah dan mual selama perjalanan.

4. Bawa Lauk Kering Sebelum Memulai Perjalanan

Ini sering penulis andalkan, biasanya bawa lauk kering seperti sambal goreng teri kacang, atau abon sapi, atau rendang itu bisa awet. Jadi saat berhenti di rumah makan cukup beli nasi saja tanpa lauk.

5. Selalu Sediakan Snack Dalam Perjalanan

Paling ampuh adalah beli roti bantal, nah itu mengenyangkan. Untuk minum cukup air putih saja, atau kepingin yang berasa belilah minuman yang memiliki rasa cenderung asam. Jangan meminum minuman yang mengandung soda atau gula seperti teh manis, akan membuat mual di perjalanan.

Dan beberapa pertanyaan juga mengapa makan di Restoran / Rumah Makan itu bisa mahal biayanya? Karena pihak rumah makan biasanya mencharge ongkos makan + rokok supir, kenek dan helper bus. Kru bus yang berhenti di rumah makan tidak harus membayar karena semuanya dibebankan ke penumpang yang makan di restoran / rumah makan tersebut.

Dan ga usah takut misalkan mencari makan berjalan ke sekitar rumah makan, karena bus di Sumatera itu sekali istirahat bisa menghabiskan waktu satu jam, jadi leluasa juga untuk bisa ke toilet dulu, mandi, atau sekedar merokok melepaskan penat.

Jadi, sudah pede kan untuk memulai perjalanan ke Sumatera? Yuk berangkat.. Ga usah ragu.. Indonesia itu indah lho.

Semoga bermanfaat.(imt)

Facebook Comment

Contact me :

Email : imotorium@gmail.com

Twitter : @imotorium

Instagram : @imotorium




4 Comments

  1. Mahal banget. Walau harga tiket bus = pesawat, kl harga makananya mahal2 yha mending naik pesawat. Bikin org jd malas naik bus kl nggak terpaksa.

    • Nah itu, jatuhnya jadi lebih mahal naik bus dibanding pesawat. Tapi ya enaknya naik bus itu ya suasananya, bisa tau kondisi setiap kota

Komentar Seikhlasnya Yak Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.