Hal Unik Yang Ada Pada Motor Yamaha F1ZR

imotorium.com – Dahulu, waktu masih jaman sekolah lumayan excited dengan motor 2 tak. Karena selain lebih kencang, modelnya juga jauh lebih sporty. Salah satu motor yang dulu disenangi penulis adalah Yamaha F1ZR.

Motor bebek ramping yang punya kembaran 4 tak yaitu Yamaha Vega R 105 cc ini kini bisa dibilang masuk ke jajaran motor tua. Ada beberapa hal unik yang dimilikinya dan tidak dimiliki oleh motor lain dikelasnya, yaitu :

1. Sein dengan buzzer (berbunyi)

Yamaha memang menyematkan sein dengan bunyi “piip piiip piiip” pada Yamaha F1ZR ini. Unik memang dan bagus sekali fungsinya untuk mengingatkan si pengendara dan orang sekitarnya bahwa dia sedang ingin berbelok. Namun di Indonesia fitur ini sendiri sering dimatikan fungsinya dan diganti dengan flasher sein biasa yang hanya kedipan saja. Anggapan para pengguna F1ZR yang muncul sih katanya norak.. mirip mobil truk pas mundur, padahal kan safety.

2. Kipas YPCS di Bagian Kiri Blok Mesin

Yamaha F1ZR sendiri sebagai motor 2 tak memiliki keunikan sendiri dalam sistem pendinginan. Beda hapnya bila sang kakak Yamaha RX-King mengandalkan sirip udara pada blok mesin saja, F1ZR ini selain sirip udara pada blok silinder mesin juga dilengkapi lagi dengan kipas YPCS (Yamaha Power Cooling System) pada sisi kiri mesin. Yamaha sendiri menyematkan teknologi pendinginan ini pertama kali pada Yamaha Force One di 1992. Sebelumnya, Suzuki juga menanamkan teknologi serupa terlebih dahulu di Suzuki RC 80, namanya Jet Cooled System.

3. High Mount Stoplamp

Mau dibilang High Mount Stoplamp sebenarnya ini juga ngga begitu cocok sih, tapi ya penulis sebutkan saja seperti itu, karena Yamaha F1ZR ini punya behel unik dilengkapi lampu rem juga. Jadi ya kelihatan lebih berisi saja bagian belakangnya ini motor, keren.

Ya itu adalah sedikit fitur unik dari Yamaha F1ZR yang bisa penulis dapatkan. Mungkin ada fitur unik lainnya yang belum penulis hafal, masbro bisa sharing di kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat. (imt)

Contact me :

Email : imotorium@gmail.com

Twitter : @imotorium

Instagram : @imotorium




6 Comments

  1. Yang orange motor saya dulu, seneng denger suara y, sayang dah dijual ganti MX, tapi masih tetap warna orange..

  2. Satu lagi yg unik, koplingnya ada 2 jenis: varian full clutch & varian semi otomatis (bisa pindah gigi tanpa tekan tuas kopling)

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.