MotoGP Argentina 2018 : Cal Crutchlow Juara, Marquez Panen Penalty dan Rossi Tersenggol Jatuh


imotorium.com – Balapan yang tidak dapat diprediksi. Ya, akhir pekan yang kacau bagi semua tim pabrikan kecuali Suzuki. Dan rejeki nomplok bagi tim satelit Honda LCR serta Yamaha Tech 3. Berawal dari cuaca yang super duper tidak jelas dan balapan yang dipending, crutchlow berhasil juara secara tidak diduga.

Awal balapan berlangsung aneh, dengan posisi start yang jauh antara jack miller yang protes akibat cuaca, membuatnya tetap berada di grid pertama, sementara pembalap lainnya mundur jauh ke grid belakang. Marquez mengalami mesin mati, kemudian berusaha menyalakan kembali dengan terlihat panik, dan berhasil mengikuti start secara normal.

Namun regulasi motogp sendiri mengharuskan setiap rider yang bermasalah dengan mesin sesaat sebelum start harus memulai dari pitlane. Karena Marc tidak melakukan start lewat pitlane akhirnya harus dihukum ride through pitlane setelah berhasil membuat gap dan mendahului jack miller.


Gelagat terlihat panik memang amat kentara dari gaya riding marquez. Ya kali ini dia membalap di sirkuit termas de rio hondo hingga melebihi batas. Hampir sepanjang balapan mengalami slide, belum lagi overtakingnya yang luar biasa berani dan beberapa kali contact dengan pembalap mulai Aleix Espargaro, Takaaki Nakagami dan Franco Morbidelli. Marquez mendapatkan penalty kedua dari race director yaitu turun satu posisi dibelakang Aleix Espargaro.

Sementara balapan berjalan sengit di depan antara Jack Miller yang mati – matian bertahan dari serangan Johann Zarco, Alex Rins dan Cal Crutchlow.

Pada beberapa lap akhir sebelum finish, Marquez berhasil menyusul contender terkuatnya Andrea Dovizioso, dan terjadi kembali kesalahan yaitu di tikungan yang sama dengan Aleix Espargaro, Marquez memaksa masuk ke racing linenya Valentino Rossi yang hendak menikung kekanan, dan kemudian keduanya bersenggolan. Namun apesnya adalah sisi luar tikungan ternyata tidak ada cukup ruang untuk meluruskan motor sehingga rossi terjatuh karena melindas rumput. Marquez spontan melambaikan tangan meminta maaf namun tentu saja, hari ini pelanggaran yang dilakukan oleh Marc sudah terlalu banyak.

Result, Marc berhasil finish posisi 5 di depan vinales. Podium 1-2-3 diisi oleh Crutchlow, Zarco dan Rins. Karena manuver yang amat berbahaya Marquez diberikan penalty kembali berupa tambahan gap 30 detik yang membuatnya terlempar ke posisi 18. Ya, tepat di atas Valentino Rossi yang terpaksa finish di posisi 19.

Tentu saja kecewa berat dialami Rossi hari ini di Argentina. Bahkan Rossi terlihat menghindari sorotan media, dan ketika upaya Marquez yang langsung datang ke paddock Yamaha untuk meminta maaf tampak langsung dihardik oleh Uccio, Sahabat karib Rossi yang selalu menemaninya kemanapun. Uccio tampak marah sekali dengan kelakuan Marc hari ini yang seperti kesetanan diatas lintasan. Padahal ini baru race kedua dalam satu musim yang panjang.

Wait n see saja, drama apalagi yang bakal hadir antara Marquez dan empat pembalap yang sempat bersenggolan dengannya. Ngerii kan senggolan di balapan berkecepatan tinggi seperti itu. Ada apa sebenarnya dengan Marquez di GP Argentina ini ya?? (imt)

Facebook Comment
The following two tabs change content below.
Senang naik bus, kapal, pesawat. Hobi naik motor sama foto - foto Apalagi makan, perut karet bisa masuk apa aja. Thanks lho sudah mampir ke warung sederhana ini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, titip link artikel juga monggo. Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Komentar Seikhlasnya Yak Disini