BusKaroseriMercedes-Benz

GIICOMVEC 2018 : Melihat Detail Bus Pandawa 87 AdiPutro Jetbus 3 HDD Mercy OH1626 Automatic

imotorium.com – Pandawa 87 memang jagoan nih dalam menyediakan armada terbaiknya, salah satunya adalah bus yang hari ini (01/03) dipamerkan di ajang GIICOMVEC 2018 di JCC Senayan, Jakarta. Bus warna hijau ini sekilas memang tampak biasa dari kejauhan, namun setelah didekati barulah didapat perbedaan, ini adalah produk baru karoseri Adi Putro dengan nama Jetbus 3 HDD.

Bukan favorit penulis sih sebenarnya body buatan Adi Putro ini berhubung populasinya sudah banyak sekali di jalan hingga akhirnya terasa membosankan. Namun yang bikin penasaran tentu saja apa saja sih poin – poin pembeda yang ada pada body Jetbus 3 HDD ini, mari disimak.

Pertama, bisa dilihat pada tampilan lampu depan. memang agak berbeda kini desainnya ada sedikit tambahan sudut di headlampnya plus pengaplikasian LED DRL, yang keren ada pada lampu sein yang unik karena memakai LED dan menyalanya itu dari sisi dalam ke luar body bus.

Body sisi samping hampir tidak ada bedanya dengan Jetbus Setra sebelumnya, hanya karena bus ini menggunakan pintu tengah, maka sisi overhang belakang juga terasa agak panjang. untuk dimensi bagasi sayangnya agak terpotong di bagian tengah karena digunakan untuk tangga turun. Bus mercedes ini sendiri memang menggunakan rangka tipe space frame dan ditopang dengan air suspension di tiap rodanya.

Mercedes – Benz OH 1626 ini menggunakan transmisi matic keluaran pabrikan Allison, semua kompartemennya masih terlihat serupa dengan OH 1526 dan 1626 biasa. Hanya saja karena ini matic tentu saja pedal kopling dan tuas transmisi absen, digantikan dengan tombol transmisi yang menurut penulis mudah sekali dioperasikan dari sisi pengemudi. Sisi dashboard seperti yang dilihat, mengingatkan akan desain dashboard sedan ya, sangat mewah sekali terasa dengan paduan warna black dan beberapa garis berwarna silver aluminium.

sekat ini menghalangi pandangan dari sisi penumpang ke depan. memang ada positifnya yaitu sopir sedikit terhalau dari silau cahaya matahari dengan sekat ini, namun untuk bus kelas HD rasanya sekat seperti ini tidak perlu digunakan

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Mengenal Mercedes-Benz OF 1623 / 1723, Bus Mesin Depan Omni Front Mercy Yang Siap Hadapi Hino AK

Profil Pandawa 87, Pendatang Baru Asal Pasuruan Nan Elegan Di Segmen Bus Pariwisata

Seatnya sendiri tetap mengandalkan aldilla, berformasi 2-2 dengan pelapis kulit sintetik. Bus ini bagasi kabinnya diberi penutup seperti bagasi pesawat. untuk seat pitchnya penulis rasa bus ini agak sempit. dan bagian yang tidak penulis suka dari keseluruhan bus ini terletak pada sekat kaca depannya, mengurangi pandangan dari sisi penumpang. Padahal lebih baik bila digunakan single glass saja yang lebih leluasa. Toh busnya masih kelas HDD yang bodynya tidak terlalu tinggi. Apa daya juga ya banyak penikmat bus di indonesia senang dengan gimmick2 semacam sekat kaca depan ini supaya kelihatan bagai bus dengan kabin tinggi atau double deck padahal ya cuma bus biasa.

Poin pembeda lainnya ada di desain lampu belakang, kini dengan model stoplamp terbaru lebih terlihat dari arah samping, beda dengan generasi sebelumnya yang tidak terlihat dari samping. lumayan sedikit berguna juga sih untuk memberi tanda semisal ketika mundur dari parkiran di rumah makan, jadi lebih terlihat oleh pengguna jalan lain. Dan tambahan lainnya, bumper belakang didesain ulang bak sebuah body kit sehingga kelihatan sedikit lebih ceper ditambah dengan muffler tip yang berlapis krom bikin area ekor bus ini tampak sangat sporty.


Semoga berguna.(imt)

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

One thought on “GIICOMVEC 2018 : Melihat Detail Bus Pandawa 87 AdiPutro Jetbus 3 HDD Mercy OH1626 Automatic

  • Beberapa kali liat bus Pandawa 87 yg warna biru di tol Japanan Mbah

    Reply

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: