GIICOMVEC 2018 : Ini Dia Bus Scania K410IB 6×2 (SAN) Laksana Legacy SR2 XHD di Booth United Tractors

imotorium.com – Dari arena GIICOMVEC 2018 yang diselenggarakan di JCC senayan, United Tractors selaku ATPM Scania di Indonesia memajang salah satu bus andalannya yaitu Scania K410IB 6×2 Opticruise dalam balutan body karya Karoseri Laksana bertipe SR2 XHD dengan livery yang tampak khas, tentu saja.. itu adalah livery pohon kelapa milik PO. SAN asal Bengkulu 

Bus Scania K410IB 6×2 ini sendiri dipamerkan di Hall B JCC, yang mana di Hall ini juga ada beberapa pabrikan besar lainnya seperti Isuzu, Volvo, Hino, Mercedes – Benz, Iveco dan Mitsubishi. Secara tampilan body SHD keluaran laksana ini memang tampil keren sekali, sangat tinggi dan solid.

Spesifikasi Scania K410IB 6×2 Opticruise

Bus Scania K410IB 6×2 ini mengandalkan mesin Scania DC13 107 K01 yang berkapasitas 13.000 cc 6 silinder dengan tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 410 hp pada 1900 rpm dan torsi sebesar 2000 nm pada 1000-1350 rpm. Tenaga bus sebesar ini disalurkan ke roda secara sempurna dengan transmisi opticruise “automatic gear shifting” dengan 12 speed. Plus ada cruise control, downhill speed control dan tersedia 3 mode pengendalian yaitu economy, standard dan power mode.

Sektor chassis menggunakan tipe spaceframe dengan kaki – kaki yang dilengkapi air suspension depan belakang serta anti-roll bar untuk membuat bus bermanuver dengan stabil. Sektor ban menggunakan Michelin berukuran 295/80R 22.5 inch. Dari sisi rem masih menggunakan direct acting full drum brake dengan retarder. Banyak fitur canggih yang ditanamkan seperti electronic braking system, air processing system, automatic exghaust brake, dan ada hill hold function yang amat berguna membantu driver mempertahankan posisi kendaraan dikala berhenti dalam posisi menanjak.

Kapasitas bahan bakar sendiri adalah isu yang sering dibicarakan oleh operator bus bermesin besar macam Scania ini, nah untungnya pada unit K410IB ini scania membenamkan tangki bbm sebesar 465 liter. Untuk pengisian pun jalurnya bisa dilakukan lewat kanan atau kiri bus.

Baca Juga :

Laksana Rilis Body Terbaru Legacy SR-2 XHD Prime dan SR-2 HD Prime, Putera Mulya Pengguna Pertama!!

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Sejarah Dan Kiprah Scania di Indonesia Produsen Bus dan Truk Premium Asal Swedia

Interior bus Scania K410IB 6×2

Beralih ke interior, karena pengerjaannya dilakukan oleh Karoseri Laksana, mungkin rasanya sudah paham ya brosist apalagi yang pernah naik bus SAN. Formasi seatnya sendiri dibuat 2-2 dengan seat pitch yang berukuran sedang. untuk bahan seat dilapis kulit sintetis dengan lapisan fabric di bagian tengah. Enaknya nih, untuk setiap bangku ada 2 slot usb yang diletakkan persis di pinggir jendela untuk kebutuhan mencharge gadget atau handphone.

Posisi toiletnya sendiri ada di tengah bus persis berhadapan dengan pintu masuk tengah, untuk luasnya terbilang agak sempit yah. dan smoking area tetap tersedia di bus ini namun sangat minim tempatnya ada di pojok kiri belakang dengan sekat yang lumayan kedap.

Untuk ukuran bus yang pastinya dipakai melayani rute lintas sumatra, penulis bilang ini sih sangat mewah. Sangat memanjakan penumpang ataupun kru busnya itu sendiri. Apalagi dengan semakin konsisten dan kuatnya United Tractors dalam mendukung brand Scania ini berkembang di Indonesia, bukannya tidak mungkin.. kedepannya kita akan semakin sering melihat bus Scania ini wara – wiri dalam berbagai kelas di daerah manapun.

Semoga berguna. (imt)

Facebook Comment

Contact me :

Email : imotorium@gmail.com

Twitter : @imotorium

Instagram : @imotorium




Be the first to comment

Komentar Seikhlasnya Yak Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.