Test Ride Singkat Honda PCX 150 Lokal 2018, Nyaman Gaaaann!!

imotorium.com – Nah, pas peluncuran Honda PCX kemarin tanggal 7 Februari di JiExpo Kemayoran. Penulis dikasih kesempatan langsung nih mencicipi performa berkendara Honda PCX dalam sebuah test track yang telah disediakan.

Alhamdulillah beruntung sekali, cuaca hari itu yang dominan hujan akhirnya berbaik hati untuk memberikan kami kesempatan mengetes Honda PCX 150 2018 dalam kondisi kering. Ada banyak motor yang disediakan oleh panitia, sebelum memasuki area test diberikan briefing singkat mengenai rute yang akan dilalui dan handicap apa saja yang harus dilewati.

Nah, pas malam hari ini diluar gedung barulah terlihat akan seperti apa sejatinya Honda PCX 150 2018 ini nantinya berada di jalan raya. Satu kata tentang motor ini saat dinyalakan : Mewah! paduan desain dashboard yang elegan dengan desain yang sleek tidak banyak aksen tajam membuat motor ini punya kans desain yang everlasting.

Giliran menunggangi Honda PCX 150 2018 akhirnya datang setelah para teman2 kloter pertama selesai. Ambil posisi di depan apipotoblog, penulis coba motor ini dalam berbagai karakter berkendara. Mulai dari santai, moderate dan agresif.

Akselerasi mesin 150 cc barunya yang punya power sebesar 14.7 Hp ini memang tidak tersalur sempurna akibat pendeknya track lurus. Namun cukup untuk menilai bahwa motor ini punya akselerasi yang halus sejak bawah, merata di setiap putaran.

Top speed yang dicapai dengan trek lurus sependek itu hanya berada di sekitar 70 kmh saja saat itu, kemudian penulis mencoba rem depan ABS single channelnya, ya unit yang dites ini semuanya versi ABS. Pede saja langsung menekan rem depan sejadi- jadinya.. traksi ban tetap dapat. Handling saat menikung kiri dan kanan dalam kecepatan 40-60 an juga enak sekali, namun trek yang sedikit basah dan berpasir agak mengganggu dan penulis merasakan sedikit slip di ban belakang, mungkin karena bannya masih baru juga.

Handicap selanjutnya adalah melewati barisan cone dengan teknik berkendara zigzag. Nah, disini diuji kerigidan rangka baru si Honda PCX ini. Amazing, ini adalah matic paling rigid yang pernah penulis coba. Dengan manuver langsung membanting dari kiri ke kanan serta sebaliknya tidak ada gejala roda depan terangkat dan kehilangan traksi sebagaimana motor matic umumnya.

Setelah zigzag, kemudian ada handicap berupa speedtrap atau polisi tidur. Dicoba dalam kecepatan agak tinggi suspensinya lumayan lembut namun joknya agak sedikit keras untuk sebuah matic urban. Kemudian dicoba dengan sewajarnya orang melewati polisi tidur barulah terasa motor ini sangat nyaman sekali, paduannya cukup pas, namun akan lebih baik bila keempukan joknya dibuat serupa PCX CBU generasi sebelumnya.

Untuk figur konsumsi bbm sendiri masih belum bisa menilai, karena hanya dibawa di area test ride yang terbatas. Mungkin bila ada kesempatan nanti untuk review harian atau memilikinya sekalian tentu akan lebih baik. Sebagai info saja, saat diintip ke dashboard motor ini, figur konsumsi bbmnya kemarin ada di angka 1:40, biasanya sih kalau motor dipakai normal harian dan telah melewati masa inreyen akan jadi lebih irit.

Kesimpulannya, dengan harga OTR Jakarta sekitarnya mulai Rp. 27.700.000; untuk varian CBS dan Rp. 30.700.000; ini adalah pilihan terbaik karena build quality Honda PCX 150 2018 ini serta fiturnya sudah lebih lengkap dibandingkan versi yang dirilis di luar negeri. Dan mantapnya lagi sesuai keterangan dari Div Head HC3 Astra Honda Motor, Bu Isti Susriyani, Honda PCX 150 2018 ini akan tersedia di seluruh jaringan dealer Honda.

Berminat nih jadinya, bobol celengan ngga yaa.. Semoga bermanfaat. (imt)

credit to marlinphoto

Facebook Comment

Contact us :

Email : imotorium@gmail.com

Twitter : @imotorium

Instagram : @imotorium




Be the first to comment

Komentar Seikhlasnya Yak Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.