Mengintip Perkembangan Proyek Kereta Api Trans Sulawesi, Barru – Makassar Siap Diujicoba


 

imotorium.com – Nah, belum lama ini ada kabar baru lagi dari dunia transportasi tanah air. Kereta Api yang kini mulai dikembangkan lagi di luar pulau Jawa. Dari Sulawesi Selatan tepatnya di kabupaten Barru sudah dilakukan uji coba. Rencananya rute kereta ini sendiri akan membentang dari Barru hingga Makassar.

Seperti yang dikutip dari skyscrapercity, megaproyek kereta api Trans-Sulawesi akan difungsikan pada April 2018. Di tahap awal, infrastruktur tersebut minimal digunakan untuk mengangkut komoditas tambang berupa semen dan marmer. Untuk permulaan proyek kereta ini rencananya difungsikan sepanjang 30 km di bulan april 2018


Pengerjaan fisik proyek ini memprioritaskan jalur Barru- Makassar, kemudian jalur Barru-Parepare. Proyek ini berjalan sesuai jadwal kendati hingga saat ini Pemprov Sulsel belum mendapatkan investor swasta untuk membiayai proyek tersebut.

Rel yang digunakan di lintas Sulawesi ini sama dengan lintas Aceh, dengan gauge 1435 mm, dan wacana pembangunan ini sebenarnya sudah ada jauh sebelum Pakde Jokowi diangkat jadi Presiden, tepatnya sejak 2011. Namun baru terealisasi pada 2015 kemarin, walau sedikit lambat.. tapi setidaknya ada progress

Berikut ini ada video ujicoba jalur kereta api baru di Sulsel :

Yap, hanya rel saja, belum tampak infrastruktur lainnya seperti stasiun, alat komunikasi,persinyalan dan lain lain. Melihat waktunya yang rencananya april 2018 ingin diresmikan, walau sepanjang 30 km tapi kok rasanya jadi kurang meyakinkan ya.

Dan foto yang ini bikin excite penulis, tampak dibawah sana ada 3 jalur yang sangat panjang, ini tentu cocok dilewati kereta dengan rangkaian panjang seperti kereta batubara penulis masih tidak tahu apakah daerah yang ada difoto ini nantinya akan dilengkapi stasiun. Sementara rencananya kereta trans sulawesi sendiri akan menggunakan Double Track.

Semoga proyeknya ngga molor, buruan deh dikebut agar masyarakat bisa menikmati fasilitas ini nantinya. (imt)

cr : dean andree, visit sulsel

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: