Menjajal Langsung Ban Terbaru Goodyear EfficientGrip Performance SUV


imotorium.com – Nah, rabu dan kamis kemarin jadi pengalaman seru untuk penulis dan teman teman blogger dan media yang berkesempatan untuk mengenal lebih dekat perusahaan ban mobil yang sudah 100 tahun hadir di Indonesia, Goodyear.

Rabu pagi kami semua berangkat dari meeting point di bilangan Jakarta Selatan menuju pabrik goodyear di Kebon Pedes, Bogor. Ya.. memang agak aneh mendengar keadaan sebuah pabrik ditengah – tengah kota Bogor, ternyata pabrik ini sudah ada sejak tahun 1935 lho, artinya sejak jaman kolonial goodyear sudah memproduksi dan memasarkan bannya khusus untuk pasar dalam negeri.


Setelah pengenalan sejarah singkat dan tour keliling pabrik melihat proses pembuatan ban, Goodyear punya standar yang tinggi mzbro. Penulis cukup kagum betapa detail dan cepatnya mereka dalam bekerja. Namanya pabrik ban ya pastinya panas karena banyak mesin untuk memasak ban disana sini :mrgreen: namun tidak menyurutkan animo para peserta dalam menanyakan hal apapun terkait produksi dan melihat setiap proses dalam pembuatan ban.

Setelah itu, mulai nih sesi paling seru.. 9 mobil SUV disiapkan oleh Goodyear dari Komunitas SUV Brotherhood Indonesia yang terdiri dari beberapa tipe mobil, Ada Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan X-Trail dan Chevrolet Captiva.

Beruntung, karena saat perjalanan menuju Kebun Teh Gunung Mas hujan deras langsung melanda. Kami semua langsung dapat merasakan bagaimana performa ban terbaru Goodyear EfficientGrip Performance SUV ini. Mobil Captiva yang dinaiki oleh Penulis bersama Mang Rama Otoborn dan Mang Wisnu yang ngewakilin Mang Kobay. Mobil langsung digeber sang empu setelah mengasih gap agak jauh dengan kendaraan lain dan peserta lainnya saat menikung.

Mantap, gripnya sangat baik saat jalan hujan, pengetesan dilakukan dalam kecepatan wajar dan tidak ngebut sejadi-jadinya. lepas pintu tol ciawi ternyata sudah tidak hujan lagi. dalam kondisi jalan menanjak dan setelah lepas dari kemacetan kami membuka jendela tidak hanya sekedar menghirup udara segar khas pegunungan, namun juga untuk mendengar seberapa bising suara yang ditimbulkan oleh ban saat berjalan. Ternyata mantap.. ini ban punya road noise yang terbilang minim. Apalagi saat jendela ditutup, kabin rasanya senyap.. benar – benar nyaman.

Berikut fakta – fakta ban Goodyear EfficientGrip Performance SUV :

Quiet Performance
Bila diperhatikan, desain grooves dan shoulder tertutup, lebih sempit sehingga ban ini bisa dibilang punya masalah pencernaan alias mudah buang angin wkwkwkw, alias udara yang masuk lebih sedikit yang terjebak dalam pattern ban. Sehingga dengungan udara saat pergerakan roda lebih minim, maka itu bisa lebih senyap dari ban kebanyakan.

High Grip Design
Kenapa bisa begitu baik grip Goodyear EfficientGrip Performance SUV? Ban ini menggunakan polymer teknologi Jerman punya mikrostruktur yang optimal. Tread atau tapak tersusun dari beberapa lapisan kawat dan dengan pola dangkal dan sempit yang didesain untuk membuang air keluar roda, bentuk tepian ban yang sedikit mengotak memiliki banyak ‘gigi lebar’ meningkatkan daya cengkeram ban dan memberikan kendali kemudi dan pengereman maksimal terutama di jalan basah.

Melindungi Rim alias Velg
Ban ini juga memiliki keunikan di bagian sidewall tempat bertemunya bibir ban dengan velg atau rim. Konturnya didesain mencengkram rim, didalamnya terdapat kawat yang membuat bentuk menjadi lebih fixed, stabil dan tidak goyang. Bila ban menghadapi benturan keras akan mengurangi dampaknya pada bibir velg, misalnya kepentok trotoar atau terkena bebatuan kerikil saat blusukan.. sehingga lebih awet.

Konstruksi Meredam Guncangan

Untuk konstruksi ban ternyata sukses membawa kenyamanan melibas jalan rusak atau tidak rata. Terbukti ketika beberapa kali sengaja menghajar lubang, guncangan tidak terasa, teredam dengan baik oleh lapisan kompon khusus yang disebut heavy gauge undertread dan lapisan gum barrier, lapisan cushion khusus ini terbukti bikin ban jadi lebih empuk. Goodyear menyebut teknologi ini dengan nama FlexContact.

Worry Free Assurance

Nih nilai lebih dari Goodyear !! Ban ini dapat jaminan penggantian dengan ban baru bila terdapat masalah seperti defect atau kerusakan ban yang dialami pemilik mobil saat berkendara* . Nah untuk penggantian ini Goodyear menjamin sejauh 20.000 km atau 12 bulan sejak pembelian.

Ban Goodyear EfficientGrip Performance SUV ini punya variasi ukuran mulai ring 17″- 20″ dan dijual dengan range harga 1,5 – 2,5 juta rupiah. Bisa dibeli di Goodyear Branded Outlet seluruh Indonesia.

Semoga berguna mzbro. (imt)

 

*syarat dan ketentuan berlaku

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: