[Info Mudik] Tips Berkendara dan Memilih Waktu Yang Tepat Memulai Perjalanan Mudik


imotorium.com – Alhamdulillah udah masuk minggu ke-3 puasa 2017, yang mana pada senin depan sudah pasti menjadi h-7 yang mana arus mudik sudah mulai terasa pada Jumat besok.. tentu saja bagi para kaum pekerja kantoran yang ambil cuti pada minggu depan.. jumat malam besok adalah waktu yang tepat untuk berangkat pulang ke kampung halaman.

Nah, bagaimana bagi para pemudik yang masih harus berjibaku dengan pekerjaan? Cermat memilih hari dan jam keberangkatan yang tepat tentunya akan menyelamatkan kita dari kondisi bermacet ria di perjalanan. Tentu saja kita harus memiliki persiapan yang matang terlebih dahulu mulai dari mengecek barang apa saja yang hendak dibawa dan kondisi kendaraan yang akan kita gunakan harus benar – benar prima.


Berikut beberapa hal yang penulis rasa bisa membantu mazbro memutuskan waktu yang tepat untuk memulai perjalanan.

Berangkat saat kondisi badan benar – benar fit, tidak dalam kondisi lelah setelah bekerja

Yak, ini krusial sekali.. karena biasanya karena hasrat ingin cepat berkumpul dengan keluarga.. begitu hari terakhir bekerja langsung cabut dari kota untuk kembali ke kampung halaman.. bagi yang menggunakan kendaraan umum seperti bus malam, kereta api atau pesawat sih tentu bukan masalah besar karena bisa beristirahat juga selama perjalanan.. namun bagi yang membawa kendaraan ini tentu saja cukup membahayakan.. karena dengan kondisi tubuh yang seperti “dipaksakan” setelah berkerja dilanjut dengan berkendara berjam – jam atau bahkan hingga berhari – hari akan membuat konsentrasi kurang terjaga.. dan tentunya akan meningkatkan resiko yang ngga – ngga dalam perjalanan.

Lebih baik berangkat siang atau malam hari ?

Nah, untuk hal satu ini kita dapat melihatnya dalam pantauan berita di media / tv mazbro.. kita cukup berpikir kebalikannya dari para pemudik lainnya.. kadang saat melihat berita di TV bahwa pada malam hari jalan terlihat lengang.. penulis sarankan agar segera berangkat atau lebih baik berangkat besok pagi saja. Dijamin jalanan masih cukup lengang seperti yang diwartakan di tv.. namun bila berangkat keesokan malamnya niscaya bakal padat. Ini berdasarkan pengalaman pribadi sih.. jadi saat diinformasikan seperti itu kebanyakan pemudik akan beranggapan bahwa jalan pada malam hari akan lebih baik karena tidak terkena macet.. yang terjadi malah kebalikannya.

Wah ane ngga punya TV mazbro.. enaknya berangkat kapan nih?

Kalo penulis lebih baik melakukan perjalanan pada pagi hari buta.. dengan catatan : Kondisi tubuh harus benar – benar siap!! cukup istirahat dan kendaraan dalam kondisi prima.. semua sudah dicek. Namun dengan catatan lebih baik berangkat dengan rombongan yang sudah janjian / satu tujuan karena jalan malam itu lebih beresiko. Poin plus jalan malam adalah tidak akan selalu kena macet, paling hanya di titik tertentu saja macetnya.. karena kecenderungan pemudik selama ini melakukan perjalanan adalah dimulai setelah sahur.

Tips berkendara dalam perjalanan mudik

Nah.. untuk tips berkendara saat mudik.. pastikan saat berangkat kondisi bbm terisi full tank. Dan bila sudah setengah tangki dalam perjalanan lebih baik bila ketemu SPBU / pom bensin agar kembali mengisi kendaraan ke kondisi full tank, jangan nunggu sampe kena redline baru isi. Tentu saja ini adalah langkah antisipasi untuk menghindari kehabisan bensin dalam perjalanan akibat SPBU juga kehabisan stok BBM. Ingat kan kejadian luar biasa tahun 2016 kemarin di tol brebes.. yang mana macetnya luar biasa.. banyak kendaraan kehabisan bensin akhirnya terpaksa beli bensin dari pedagang dadakan yang jual bensin sampai diatas 50.000 rupiah perliter.. edan

Masih ada tips – tips dalam perjalanan lainnya.. insyaallah dituangkan di artikel selanjutnya 😀

Semoga bermanfaat. (imt)

foto : google, antara, media lokal

<

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: