Advertisements
jump to navigation

Sejarah Perusahaan Otobus Asal Wonogiri, PO Tunggal Daya December 7, 2016

Posted by imotorium in : Bus , trackback

po-tunggal-daya-8

imotorium.com – Eksistensinya dahulu sempat dirasakan bagi pengguna jasa buskota Jabodetabek.. hadir melayani trayek Bekasi – Lebak Bulus dengan bus – bus yang terbilang berusia tua dengan AC Kotak menjadi ciri khas dari PO ini, apa kabar PO. Tunggal Daya? po-tunggal-daya-1

Semula diawali oleh dari suksesnya sebuah Perusahaan Otobus legendaris, PO Timbul Jaya yang kemudian mengilhami kelahiran banyak dari PO – PO besar di Pulau Jawa. Berawal dari dibangunnya Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri membuat sebagian besar penduduk yang bermukim di daerah yang akhirnya ditenggelamkan untuk proyek waduk tersebut mulai merantau ke Ibukota dan banyak juga yang bertransmigrasi hingga ke Pulau Sumatra.

Tentunya mereka para perantau sesekali pulang kampung untuk melepas rindu dengan keluarga dan orang tua, tidak sedikit yang kemudian sukses di perantauan mengajak saudaranya untuk ikut mencari nafkah demi perbaikan ekonomi keluarga. Seiring berjalannya waktu.. mobilitas warga dari Wonogiri ke kota – kota besar semakin meninggi, dan semenjak saat itulah para juragan – juragan di Wonogiri melirik bisnis transportasi.

Waktu demi waktu usaha transportasi ini menunjukkan hasil yang amat positif, hingga banyak dari para pengusaha otobus mengajak anggota keluarganya untuk turut serta menjalankan usaha tersebut. Dan akhirnya muncullah dinasti – dinasti para pemilik Perusahaan Otobus.

po-tunggal-daya-4

PO Tunggal Daya sendiri berdiri akhir 1970-an, yang mana sang pemilik konon masih merupakan keluarga dari PO Timbul Jaya. Tunggal Daya pada awalnya hanya beroperasi pada layanan bus kelas ekonomi.. dan setelah melihat perkembangan positif dan permintaan dari para pengguna setianya, Tunggal Daya merilis kelas VIP pada medio 1980-an tepatnya sekitar tahun 1986 – 1987 an.. ini adalah sebuah langkah berani mengingat pada masa itu sangat jarang bus Wonogirian yang membuka kelas VIP kecuali PO Raya yang memang sedari awal mula berfokus ke layanan kelas VIP.

po-tunggal-daya-7

Operator bus asal Solo Raya saat itu memang rata – rata berfokus dalam layanan kelas VIP, sebut saja diantaranya PO. Mulyo Indah, PO. Apollo, dan PO. Muncul. Sehingga kehadiran PO. Tunggal Daya setelah PO. Raya membawa angin segar bagi para penglaju asal Wonogiri. PO. Tunggal Daya sendiri juga membawa ciri khas sendiri yaitu menggunakan Karoseri Laksana di sebagian besar armadanya, yang mana saat itu bus Wonogirian lainnya lebih banyak menggunakan Karoseri Trisakti.

po-tunggal-daya-2

Pola pemberangkatan pun diatur sedemikian rupa hingga maksimal dalam menjaring dan melayani penumpang. Kelas Ekonomi dari PO. Tunggal Daya diberangkatkan siang hari , menyusul kelas VIP berangkat pada sore hari dengan status bus malam. Pada era 80 – 90 an menjadi tahun keemasan bagi PO asal Wonogiri ini. Tunggal Daya juga mulai membuka rute Wonogiri – Bandung – Sukabumi dan mulai bermain di ibukota dengan membuka layanan bus kota yang melayani rute seperti Lebak Bulus – Bekasi.

po-tunggal-daya-5

Berikut adalah trayek yang dilayani oleh Tunggal Daya :

src : buswonogiri.com

po-tunggal-daya-3

Kini PO bus yang dimiliki oleh Bapak H. Sutardi ini lebih eksis melayani banyak trayek AKAP dan kebanyakan bertujuan di daerah – daerah Jawa Barat, memang keberadaan bus kota Jabodetabeknya sendiri sudah tidak lagi ditemui saat ini. PO Tunggal Daya, tetap masih melaju cepat di jalanan.. Mengantarkan penumpangnya pergi dan kembali pulang untuk melepas rindu. (imt)

foto : bismania.com

[archives limit=15]

Advertisements

Comments»

1. Fery Lakalantas - December 7, 2016
2. Widji Soetedjo - December 9, 2016

Joss Mas,,,
Ditunggu artikel-artikel bus yang lainnya,,,
Sukses Mas se-Sukses slogan kota Wonogiri,,,

imotorium - December 12, 2016

salam sukses juga mas Widji, hehehe artikel bus lainnya siap meluncur mas 😀

3. black vixi - December 12, 2016

Sekarang po asal wonogiri udah banyak yg gulung tikar, timbul jaya udah abis, purwo putro/ widodo juga, tapi kabarnya po purwo dapat peremajaan sekitar 20bus.. Kalah sama bus agra mas dan laju prima dari jawa barat yg menguasai wonogiri

imotorium - December 12, 2016

Memang sih persaingan makin kesini makin berat.. untuk Agra Mas itu konon asal usulnya dari salah satu PO legendaris Wonogirian juga lho mas.. yang lahir kembali di Jawa Barat. Nanti saya rilis artikelnya.. 😀

Gabriel - February 6, 2017

Yoii boss,, kasihan perusahaan otobus yg asli dari kota gaplek.

4. rand - December 13, 2016

Pak Sutardi adik kandung dari Alm. Pak Atmo Wiranto pendiri Timbul Jaya, kakak-adik juga dengan pendiri Tunggal Dara

imotorium - December 14, 2016

Sayang ya coba Timbul Jaya masih ada sampai sekarang, PO yang berhasil membawa perubahan besar untuk Wonogiri..

5. rand - December 15, 2016

Timbul Jaya masih aktif pariwisata, bus malam juga sering terlihat di musim ramai ya walau jauh dibanding masa jayanya dulu.
Satu lagi Tunggal Daya bus kota (AKAP) masih aktif Kalideres – Sukabumi, pertama di jalurnya dengan ac ekonomi

6. fauzi - January 9, 2017

Tunggal Daya juga pernah buka trayek Jakarta(lb Bulus)- Purwodadi pada 90 an

imotorium - January 10, 2017

joss, berarti tunggal daya selain semarang ada yang ke purwodadi juga ya waktu itu

7. Agra Mas Siap Hadirkan Bus Double Decker Dalam Waktu Dekat, Makjozz Bikin Ngiler!! | imotorium - February 12, 2017

[…] Sejarah Perusahaan Otobus Asal Wonogiri, PO Tunggal Daya […]



error: Content is protected !!