About these ads
jump to navigation

MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !! November 8, 2016

Posted by imotorium in : Motor, News , trackback

rossi-crash

imotorium.com – Menarik nih bahas MotoGP musim 2016 ini yang mana bisa dibilang panas semenjak Valentino Rossi melayangkan protes usai GP sepang kemarin.. kini datang lagi laporan dimana seperti yang dilansir oleh motorsport.com, musim 2016 ini adalah musim yang penuh rekor.. salah satunya adalah rekor crash terbanyak !!

motorsport-motogp-rider-crash-season-2016-3

Mulai dari awal musim hingga race terakhir di Sepang kemarin.. tercatat Kelas MotoGP sudah menyumbang jumlah Crash jauh lebih banyak dibanding musim 2015.. Tentu saja ini karena regulasi aneh MotoGP tentang penyeragaman ECU dan beralihnya penggunaan ban diameter 16,5 ke 17 inch dan bergantinya supplier menjadi Michelin.

motorsport-motogp-rider-crash-season-2016-2

Menariknya, raihan angka crash ini juga yang terbanyak sejak satu dekade ke belakang.. yang mana musim 2009 adalah musim paling bersih dimana total crash hanya tercatat sebanyak 642 hingga akhir musim. Sedangkan pencapaian pada 2016 sudah 1011 setelah GP Malaysia.. yang mana angka tersebut masih bisa bertambah karena seri pamungkas di Valencia akan bergulir pada minggu ini (13/10)

motorsport-motogp-rider-crash-season-2016

Dari rangking crash antar pembalap.. terlihat disini Valentino Rossi adalah pembalap reguler MotoGP yang paling jarang mengalami crash sepanjang musim 2016, terlihat pada grafik diatas yang mana Rossi mencatat 4 kali crash sepanjang musim hingga GP sepang kemarin, disusul oleh Maverick Vinales dengan 5 kali crash. Sementara itu paduka Lorenzo mencatat angka 11 kali crash dan sang juara dunia 2016 Marc Marquez menjadi salah satu yang terbanyak crash .. sebanyak 16 kali. Posisi puncak pembalap paling rajin cari batu akik  crash ditempati oleh Cal Crutchlow dan Jack Miller.

Menarik bukan? Rossi jarang crash tapi sekalinya crash pas balapan berlangsung, DNF sudah.. itu faktor yang membuatnya harus memendam impian menjadi juara dunia.. Sekali lagi memang Hoki itu adalah faktor terbesar penentu kemenangan.. dan Marquez disini adalah pembalap paling Hoki.. lihat saja padahal statistik crashnya.. untung ngga ada yang bikin cedera parah hingga harus absen.

Semoga bermanfaat mzbro. (imt)

About these ads

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: