BusNewsTransportasi Massal

Terminal Purabaya, Kota Surabaya Bakal Adopsi Sistem Online Ticketing. Check-In ala Bandara, Setuju?

online-tiket-bus-2-terminal-purabaya

imotorium.com – Belakangan ini aplikasi online booking tiket makin marak, bukan hanya untuk booking tiket pesawat dan hotel saja, hingga aplikasi booking tiket untuk bus / travel pun sudah banyak sekali beredar. Bercermin dari perkembangan teknologi saat ini Dirjen Perhubungan Darat mengeluarkan instruksi agar bagi setiap Perusahaan Otobus (PO) untuk dapat menyediakan layanan online tiket kedepannya.

online-tiket-bus-1
9 operator yang siap dengan sistem online di Terminal Purabaya

Terminal Purabaya akan menjadi pelopor dalam pengaplikasian layanan check – in ala bandara untuk bus – bus yang berangkat dari terminal ini. Tentunya langkah ini diambil guna meningkatkan mutu pelayanan bagi para penumpang nantinya, yang mana diharapkan penumpang dapat memperoleh kepastian armada, jam keberangkatan yang sesuai dengan jadwal dan tentunya agar meminimalisir atau memusnahkan praktik oknum-oknum calo yang terkadang dirasa keterlaluan.

online-tiket-bus-3-bandara-kualanamu

Sistem ala “bandara” ini juga bakal diterapkan mulai kedatangan calon penumpang ke Terminal, para kerabat pengantar penumpang hanya diperbolehkan mengantar hingga area kedatangan, kemudian selanjutnya para penumpang akan melewati proses screening dan check – in yang mana harus menunjukkan KTP / identitas lainnya yang sesuai dengan nama yang tertera di tiket dan kemudian menuju ruang tunggu yang telah disediakan.

Suasana Arus Balik Pool budiman (8)
PO Budiman dari Jawa Barat, juga sudah menerapkan sistem online ticket.. walau belum begitu baik dalam praktek lapangannya

Ketika bus masuk jalur pemberangkatan, barulah para penumpang dipersilahkan untuk menuju bus, onboarding. Praktis dengan ini ruang gerak calo akan terbatas. (tapi yaa implementasinya musti diawasi benar – benar.. namanya karakter orang kita gimana sih..) :mrgreen: . Lastly, langkah Dishub ini patut diapresiasi karena bila berhasil bukan tidak mungkin kita akan memiliki terminal – terminal bus yang nyaman dan aman seperti di negara tetangga sebut saja Malaysia dan Singapura.

online-tiket-bus-4-purabaya

Gimana pendapat masbro sekalian ? ada ngga kepikiran nanti kalo pake sistem online tiket jadi khawatir ngga kebagian bus favorit (biasanya yang namanya bismania punya bayangan kepengen naik bus dengan nomor lambung sekian.. karena pakai body yang udah SHD, atau karena pakai mesin scania, mercedes, hino, atau ada mania mitsubishi dll.. wkwkwkw) atau susah dapat tiket (berkaca pada kereta api sekarang yang susahnya dapat tiket) ?? Monggo dishare opini dan unek – uneknya.. di kolom komentar, diskusi supaya seruu.

Semoga berguna (imt)

foto : jawapos, dishubkotasurabaya, google

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

11 thoughts on “Terminal Purabaya, Kota Surabaya Bakal Adopsi Sistem Online Ticketing. Check-In ala Bandara, Setuju?

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: