BusHistory & Profil

Mengenal Bus PO Harapan Jaya, Si "Kuda" Oranye Asal Tulungagung.

tentrem-shd-po-harapan-jaya-imotorium-7

imotorium.com – Hai masbro semua! yang sering berpergian atau pulkam via lintas pantura pulau Jawa, apalagi yang ke arah Jawa Timuran.. tentunya tidak asing lagi kan dengan sesosok bus putih orange dengan livery kuda berlari (atau rombongan kuda) yang terkenal baru – baru ini merilis armada terbarunya Scania K360 dengan body SHD Tentrem Avante yang benar – benar fresh.

po-harapan-jaya-jadul
armada PO Harjay awal 1990-an (photo : bismania.com)

Sebuah perjalanan panjang tentunya bagi Harapan Jaya untuk bisa sukses seperti sekarang. Semuanya berasal dari gagasan Almarhum Bapak Harjaya Cahyana, yang pada 1977 memulai terjun ke bisnis transportasi darat dengan modal awal 3 armada bus AKDP, yang mana kala itu beroperasi melayani rute PP Surabaya – Kediri – Tulungagung. Selama rentang  1977 – 1990 awal respon masyarakat akan PO Harapan Jaya cukup baik. Hingga pada 1993 Harapan Jaya yang kala itu masih berbadan hukum perusahaan CV.. memutuskan memperluas jangkauannya untuk melayani rute Tulungagung – Jakarta.

po-harapan-jaya-interior-1836
interior dari HarJay 1836

Kini, bermarkas di Jl. Mayor Sujadi 23A Tulungagung, Jawa Timur. Harapan Jaya telah menjelma menjadi sebuah PO besar yang eksis melayani rute Jawa – Sumatra (Lampung). Harapan Jaya juga dikenal karena memiliki banyak varian Mesin dan Chassis sebut saja yang digunakan sekarang mulai dari Mercedes – Benz (OH 1526, 1626, 1836), Hino (RK8, RN285) , Volvo (B7R) , dan Scania (K310, K360, K380). Kelas yang ditawarkan juga beragam sekali mulai dari Super Luxury, Executive, VIP, Patas ditambah kelas Ekonomi dan Patas AC (untuk trayek lokal Jawa Timuran).

po-harapan-jaya-1626
armada MB OH 1626 HarJay. umumnya digunakan melayani kelas Patas dan VIP

Baca Juga :

PO Surya Bali, Si Bus Elegan Dari Pulau Dewata

Mengenal Si Bus Hijau Asal Pulau Dewata, PO Gunung Harta

Profil PO. Nusantara, Raja Jalanan Asal Muria Raya

Mengenal PO. Haryanto, Buah Manis Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal Seorang Purnawira TNI

Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

Mengenal PO. Primajasa, Keluarga Dari Mayasari Grup

Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat

Di Jabodetabek sendiri Harapan Jaya memiliki sebaran Agen yang cukup luas. Bila ingin mendapatkan pilihan armada yang diinginkan lebih baik bila langsung datang ke poolnya yang berada di kelurahan Gedong, Pasar Rebo.. tidak begitu jauh dari putaran Pasar Rebo yang selalu macet oleh bus dari terminal Kp. Rambutan karena merupakan akses sebelum masuk tol JORR.

po-harapan-jaya-rm-duta-ngawi

Oya satu lagi nih, naik HarJay ini tentunya identik sama Rawon RM. Duta yang terletak di Ngawi.. 😀 bahkan jangan heran bila istirahat mayoritas penumpang bakal pesan rawon untuk menghapus lapar di dalam perjalanan. Beh, penulis belum ngerasain langsung.. jadi penasaran. Apalagi bila sedang dalam perjalanan naik bus, sensasinya pasti berbeda bila beli rawon ke tempat yang biasa jadi langganan untuk makan di rumah. Hehehe, semoga aja ada waktu lumayan buat jalan – jalan nantinya.. Semangat cari duit sik :mrgreen:

Semoga bermanfaat. (imt)

foto : HarJay mania community, poharapanjaya.com, bismania.com, google

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

0 thoughts on “Mengenal Bus PO Harapan Jaya, Si "Kuda" Oranye Asal Tulungagung.

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: