BusKaroseriScania

GIIAS 2016 : Berani Berubah, Transjakarta Laksana Cityline 2 Scania K310 6×2 !!!

imotorium laksana cityline 2 giias 2016

imotorium.com – Semenjak masuk era Gubernur Ahok, kualitas transportasi massal turut diperhatikan, salah satunya penggunaan bus untuk Armada Transjakarta. Ya, dulu – dulu pemerintahnya cenderung main – main dengan proyek pengadaan bus, dimana banyak kasus bus impor dari China yang bermasalah.. kini pemerintah mulai melek dan mulai diawasi oleh segenap masyarakat. Sehingga pengadaan Transportasi massal kini jauh lebih berkualitas. Ya, sedikit intermezzo diatas menggambarkan bagaimana saat ini pertumbuhan armada Transjakarta sudah jauh lebih baik.

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (38) - Copy

Scania adalah salah satu dari sekian merk tenar lainnya seperti Mercedes-Benz, Hino, Toyota yang kini mengisi slot – slot bus Transjakarta. Scania yang diajak mejeng di arena GIIAS 2016 kali ini adalah seri K310iB 6×2 yang memiliki 3 axle roda. Ya, berkat aplikasi ini bus jadi memiliki panjang bodi keseluruhan diatas bus – bus 2 axle lainnya. Keuntungan dari 3 axle ini adalah roda belakang yang bisa ikut berbelok kala membutuhkan manuver sempit. Cocok untuk diperkotaan yang kadangkala ketika harus berputar arah, hanya memiliki space radius putar yang tidak seberapa.

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (37)

Laksana memboyong ini bersama beberapa bus unggulan lainnya seperti All New Legacy Sky SR2. Bus ini tidak menganut lowdeck seperti Scania K250UB yang dipajang pada event IIBT 2016 lalu. Secara tampilan bus ini terbilang gagah. Terdapat empat pintu akses keluar masuk penumpang di kedua sisi bus, plus satu pintu depan sebelah kiri kabin pengemudi.

_DSF2006

_DSF2005

Interiornya sangat comfortable untuk ukuran bus kota. di beberapa sisi disediakan space untuk penyandang disabilitas. Seatnya sendiri semuanya mengarah ke depan tidak saling berhadap – hadapan seperti busway-nya transjakarta.

_DSF2008

_DSF2010

Disamping itu, ada juga sandaran dan bangku lipat tepat di sebelah area difabel di samping pintu masuk tengah. Yang cukup menarik perhatian adalah frame diatas bus yang biasanya dijadikan tempat meletakkan iklan – iklan atau informasi trayek, ini dihiasi dengan gambar miniatur ibukota Jakarta, dan gambar tersebut menyala karena memang didalamnya diberi pencahayaan. Kedepannya kalau dibiarkan polos seperti ini ngga dikasih iklan ini itu bakalan keren.

_DSF2004

Spesifikasi mesin yang diusung menggunakan Scania OC09 106 gas engine berkubikasi 9.300 cc. Power yang dihasilkan berada di angka 310 hp pada putaran 1600-1900 rpm dengan torsi sebesar 1500 Nm. Cukup besar untuk menghela sebuah bus kota single deck, dan ramah lingkungan pula. Ya… cocok dengan slogan yang terpampang besar di kaca bus tersebut.. #BeraniBerubah !!!

Semoga bermanfaat. (imt)

foto : pribadi

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

0 thoughts on “GIIAS 2016 : Berani Berubah, Transjakarta Laksana Cityline 2 Scania K310 6×2 !!!

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: