MobilNews

GIIAS 2016 : Melihat Secara Lengkap Daihatsu Sigra, Walah Ini Sih Bakal Laris

imotorium - GIIAS 2016 Daihatsu Sigra (11)

imotorium.com – statement di judul penulis katakan secara sadar sepenuhnya, ketika langsung melihat calon tulang punggung Astra Daihatsu Motor setelah sukses berat dengan varian Xenia dan disusul varian LCGC nya Ayla. Sigra, nama yang berarti sigap atau bertindak cepat. Yaa.. sesuai apa yang telah dilakukan oleh Astra Daihatsu dengan Toyota kala melahirkan duo varian Calya – Sigra ini..

imotorium - GIIAS 2016 Daihatsu Sigra (10)

Ekspektasi awal yang ada dipikiran “yaelah, paling LCGC ya gitu – gitu aja.. kek mobil – mobilan..” sirna kala melihat unitnya secara langsung. Size body yang diusung Sigra ini ternyata lumayan besar.. malah hanya selisih sedikit dibanding Daihatsu Xenia. Akhirnya perasaan “PHP” yang dulu sempat hadir kala melihat varian Datsun Go+ yang awal – awalnya berharap ngga beda jauh dari Grand Livina.. lah pas melihat aslinya malah agak sedikit kecewa.

imotorium - GIIAS 2016 Daihatsu Sigra (14)

Mobil ini diusung sebagai seven seater, ya dalam artian benar – benar 7 seater bukan 5 seat + 2. Wheelbasenya sendiri jika diperhatikan hampir identik dengan Ayla – Agya. Namun karena konfigurasi 7 seater tentu ada penambahan panjang pada bagian overhang belakang. Dari sisi ini penulis suka akan tarikan garis desain kaca jendela sejak pilar A hingga pilar D. Ngga ada tarikan garis desain aneh – aneh.. semuanya terasa aman – aman saja.

imotorium - GIIAS 2016 Daihatsu Sigra (13)

Sisi ekornya sendiri sangat “innova” dengan backlamp mengadopsi model Vampire Fang. Reflektor di pintu sendiri sayangnya memang hanya berfungsi sebatas reflektor saja, tidak ada tambahan lampu led kecuali di handle bar pintu belakang yang terletak dibawahnya plat nomor.

imotorium - GIIAS 2016 Daihatsu Sigra (12)

Kala pintu ini dibuka, langsung kesannya agak berubah.. terasa seperti terios bukan? ya .. desain back lampnya sendiri memang agak mirip. Namun berukuran sedikit lebih kecil.

imotorium - GIIAS 2016 Daihatsu Sigra (3)

Masuk ke interior kita disuguhkan seat one bucket untuk bagian penumpang depan dan pengendara. Sisi dashboard sendiri memang membawa aura baru, terasa membawa MPV karena posisi tuas persneling terletak di dashboard. Head unitnya sendiri menyediakan slot 2 din.. untuk knop ac masih model putar – putar ala kompor.. syukurnya di unit yang penulis review ini sudah mengadopsi power window untuk semua pintu.. dan bisa dikendalikan dari pintu driver.

imotorium - GIIAS 2016 Daihatsu Sigra (4)

Akses keluar masuk kabin belakang jadi mudah berkat one touch tumble seat.. namun ada uniknya disini.. kala dibalikkan ke posisi semula.. seat ini agak susah mengunci.. padahal di lantai tidak ada apa – apa.. harus beberapa kali dicoba baru mengunci dengan sempurna.

Seat Row 2 biasa diadjust recliningnya.. dan bisa dimaju mundurkan
Seat Row 2 biasa diadjust recliningnya.. dan bisa dimaju mundurkan

Harga Daihatsu Sigra 

Sigra 1.0 D MT Rp 106.600.000
Sigra 1.0 M MT Rp 115.500.000
Sigra 1.2 X MT Rp 124.850.000
Sigra 1.2 X MT DLX Rp 130.350.000
Sigra 1.2 X AT Rp 137.650.000
Sigra 1.2 X AT DLX Rp 143.550.000
Sigra 1.2 R MT Rp 130.750.000
Sigra 1.2 R MT DLX Rp 134.550.000
Sigra 1.2 R AT Rp 143.550.000
Sigra 1.2 R AT DLX Rp 147.350.000

mesin daihatsu Sigra vs Datsun Go Plus
Komparasi Spesifikasi Mesin Sigra dengan Datsun Go (src : otomotifnet.com)
imotorium - GIIAS 2016 Daihatsu Sigra (2)
blower udara yang siap mendistribusikan hawa sejuk dari louver ac di dashboard depan.

imotorium - GIIAS 2016 Daihatsu Sigra (5)

Inilah yang terjadi kala penulis masuk ke seat row ke-3, posisi seat row 2 dimundurkan maksimal, langsung dengkul mentok tanpa kompromi. Untuk postur tubuh penulis yang 170 cm ini headroom sangat adaptif.. namun berkat tipisnya bangku belakang dan posisi duduk yang lebih mirip jongkok.. ngga disarankan untuk berlama – lama dalam perjalanan dengan posisi seperti ini.. overall seat ini lebih cocok untuk anak kecil balita hingga usia 15 tahun. Jika tidak lipat saja.. jadikan ruang lebih untuk bagasi.

imotorium - GIIAS 2016 Daihatsu Sigra (9)
pintunya sendiri sudah ada batang penguat .. meminimalisir kemungkinan cedera akibat tabrakan dari samping.
imotorium - GIIAS 2016 Daihatsu Sigra (8)
Cast mesin 1200 cc 4 silinder. Pengembangan dari mesin yang sama seperti digunakan oleh Etios Valco, ada juga varian 1000 cc 3 silinder.

Overall? ya ini sih sangat worth to buy dengan kondisi ekonomi lagi paceklik seperti sekarang, sementara di sisi lain mobil yang dulunya digadang – gadang sebagai mobil murah yaitu xenia kini mulai naik kelas.. hadir lagi lapis bawahnya yaitu Sigra ini, dan datang dengan kondisi jauh lebih baik dibandingkan pertama launching xenia dulu di medio 2004-2005 an.. fiturnya ngga sebaik ini.

semoga berguna. 😀 (imt)

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

0 thoughts on “GIIAS 2016 : Melihat Secara Lengkap Daihatsu Sigra, Walah Ini Sih Bakal Laris

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: