Foto – Foto Lawas Jalur Mudik Favorit Priangan Sekitarnya, Cagak Nagrek Kabupaten Bandung


Nagreg 1882

Alhamdulillah.. puasa kita sudah dekat dengan hari kemenangan. Walau berita disana – sini isinya macet, toh tidak mengendurkan semangat kita untuk bisa bersilahturahim dengan keluarga di kampung halaman. Kaum pemudik yang berdomisili di Jawa Barat khususnya bumi Priangan Timur pasti tidak asing dengan Jalur satu ini, ya.. Cagak Nagrek. Jalur yang memiliki kontur curam ini memiliki sejarah panjang, dan sudah ada sejak jaman penjajahan belanda, berikut foto – foto evolusinya dari masa ke masa

Foto diatas adalah suasana pada tahun 1880 an, 65 tahun sebelum Indonesia Merdeka. Terlihat bahwa jalur Cagak Nagrek yang memberikan arah ke Kota Garut dan kecamatan Limbangan – Malangbong ini sudah terbentuk sejak lama. Sejak suasananya masih begitu asri.. jalanan masih berupa jalan tanah dengan lebar seperti jalan – jalan di komplek perumahan.. sekelilingnya pun masih didominasi kebun – kebun dan rumah yang masih teramat tradisional.


nagreg evolusi 2

suasananya masih asri sekali

Nagreg evolusi 1

mulai jelas terlihat jejak roda kendaraan saat itu, namun yang kearah limbangan – malangbong kok ditutup portal ya?

Seiring waktu, mulai ditata 😀 jalur ini menjadi jalur utama selain jalur yang dibuat pada masa kolonial yang menghubungkan Anyer -Panarukan (atau yang dikenal juga dengan Jalan Raya Pos). Nagreg terus berkembang seiring jaman.. Hingga akhirnya saat ini Cagak Nagreg ini hanya difungsikan satu arah saja setelah dibangunnya lingkar Nagrek akibat membludaknya volume kendaraan yang melintas.. apalagi pas musim mudik seperti sekarang.

nagreg evolusi 3

masih difungsikan normal 2 arah hingga selesainya dibangun lingkar nagrek pada 2011 -2012.. jalur ini menjadi satu arah.

 

nagreg evolusi lingkar nagrek

lingkar nagrek jadi jalur yang permanen digunakan untuk kendaraan yang mengarah ke kota bandung

 

nagreg evolusi sekarang

Untuk foto era 1980-1990 an belum ketemu.. jadi kangen lihat suasana di masa – masa itu 😀

semoga bermanfaat. (imt)

foto : google stock, FB

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: