HondaMotor

Mitra Satu Hati, AHM Menggerakkan Sociopreneurship Bersama Kelompok Difabel

imotorium.com – PT Astra Honda Motor (AHM) mengembangkan sociopreneurship untuk kelompok difabel melalui program Mitra Satu Hati. Program ini diimplementasikan dengan memberikan bantuan modal usaha dan pelatihan untuk Kelompok Kreatifitas Disabilitas Bandung (KKDB), Jawa Barat yang bercita-cita dapat memproduksi kaki palsu untuk para penyandang disabilitas lainnya.

Konsep sociopreneurship dalam program Mitra Satu Hati ini dikembangkan dengan mengajari KKDB mengelola sebuah usaha. Anggota KKDB yang memiliki keahlian memproduksi kaki palsu akan memanfaatkan hasil keuntungan usaha ini untuk membantu penyandang disabilitas yang ingin memiliki kaki palsu secara gratis. Melalui pogram Mitra Satu Hati, anggota KKDB mendapatkan pelatihan teknik manajerial, pengelolaan keuangan, serta teknik dasar pemasaran dan bantuan finansial atau modal usaha. Praktek wirausaha dilakukan dengan menjual beras yang diproduksi langsung petani binaan SF di Subang dan Cigalontang Tasikmalaya, Jawa Barat sehingga rantai distribusi lebih pendek dan harga jual beras menjadi lebih kompetitif.

Program Mitra Satu Hati digulirkan dengan memberikan modal awal usaha untuk KKDB senilai Rp 47 juta. Dana ini dimanfaatkan untuk sewa tempat penjualan, pembelian beras dari petani, dan pembelian perlengkapan pendukung transaksi jual beli. Pencanangan program ini dilakukan pertama kali di Bandung, Jawa Barat pada awal Juni 2016 dengan menggandeng Sinergi Foundation (SF). Selanjutnya, sebagian keuntungan akan digunakan sebagai dana pembuatan kaki palsu untuk didonasikan untuk penyandang disabilitas lainnya. Setiap pasang kaki palsu yang diproduksi sendiri oleh anggota KKDB membutuhkan dana sekitar Rp 3-6 juta. Diharapkan dalam kurun 3 bulan, mereka dapat mulai menghasilkan sepasang kaki palsu secara gratis untuk penyandang difabel lain.

“Kami ingin menemani masyarakat mewujudkan mimpi, termasuk kalangan difable. Program Mitra Satu Hati ini kami harapkan mampu menjadi stimulan untuk beraneka program sejenis yang memberdayakan masyarakat dengan tetap mengembangkan jiwa kepedulian sosial,” Jelas Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin.

Sociopreneur AHM (2)

Komitmen untuk membantu orang lain melalui pembuatan kaki palsu dari KKDB merupakan modal utama dalam implementasi socioenterpreunership. Karena itu, program Mitra Satu Hati ini diharapkan dapat menjadi jembatan yang mengantarkan mereka mewujudkan keinginannya melalui pengelolaan sebuah usaha secara profesional.

Insyaallah berkah untuk semuanya 🙂 (imt)

foto : istimewa

Email : redaksi@imotorium.com
imotorium@gmail.com
BBM : 7f3355d1

whatsapp : nol-delapan-lima-tiga-satu-satu-lima-tujuh-dua-nol-nol-satu

Jakarta Selatan, Indonesia

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: