About these ads
jump to navigation

Fitur – Fitur Bermanfaat Yang Hilang Dari Sepeda Motor Jaman Sekarang May 13, 2016

Posted by imotorium in : Motor , trackback

Honda Astrea Star Mulus

Tak dipungkiri, kini kemajuan pasar dan tingginya tingkat persaingan antar pabrikan dalam menelurkan produk – produk baru kian memanas, kini konsumen benar – benar dibuat “mabok” dengan banyaknya pilihan yang disediakan oleh berbagai pabrikan besar motor di Tanah Air. Teknologi yang diterapkan pun semakin advanced walau tanpa disadari.. kini kita sudah kehilangan fitur – fitur “penting” yang dianggap sepele oleh konsumen. Apa sajakah fitur – fitur yang dimaksud?

Ketengkas (tutup rantai)

1.Ketengkas / Tutup Rantai 

Ketengkas, yang berasal dari dua suku kata Keteng yang berarti rantai dan Kas / Case yang berarti pelindung atau penutup. Fitur ini sedianya berfungsi untuk melindungi kaki boncenger dari bahaya terselip di rantai gear terutama bagi kaum wanita yang suka dibonceng dalam posisi menyamping. Fungsi lain dari Ketengkas ini juga agar rantai terlindungi dari kotoran dan percikan air.. sehingga pelumasan rantai lebih awet dan umur rantai lebih panjang. Sayang karena orang Indonesia sepertinya lebih suka kesan sporty.. fitur ini banyak dilepaskan.. dan akhirnya pabrikan pun menghapus fitur ini dari produk – produk motor barunya karena lumayan toh.. mengurangi biaya produksi.. :mrgreen:

Kunci ganda Kunci Garpu Motor - eablog

2. Kunci Garpu / Kunci Roda

Dahulu fitur ini adalah fitur keamanan yang diberikan oleh pabrikan untuk sepeda motor yang dijual. Fitur ini amat berguna untuk mengantisipasi maling karena kuncinya sendiri berdesain khusus membentuk tiga sudut (pada motor – motor Honda). Namun.. sepertinya lagi – lagi masyarakat kita kurang memanfaatkan fitur ini.. karena dianggap tidak terlalu penting.. toh ngga dikunci juga aman. Walah.. padahal jaman makin kesini tingkat curanmor makin tinggi.. harusnya fitur ini diberikan lagi sebagai tambahan pengamanan! SKS tok ngga mempan.. maling sekarang banyak yang pinter. Walau memang tidak bisa mencegah tapi setidaknya fitur ini mampu memperlambat kinerja si maling sehingga kita punya waktu buat manggil massa.. terus dibakar deh tu maling.

Yamaha F1ZR Sein Bunyi

3. Sein bersuara

“piiip…. piiiip…. piiipp” Ciri khas sign bersuara ini tentu lekat dengan bebek – bebek keluaran Yamaha. Yap, yang mengaplikasi buzzer sein bersuara ini adalah Yamaha Force One / F1zR. Walau dianggap lucu karena bunyinya seperti sein truk yang mau mundur.. fitur ini bagi penulis dirasa berguna sekali lho ! Setidaknya bisa membuat kita aware bila ada yang mau menyalip dari belakang {ketika berjalan pelan) dan bagi si pengendara bisa aware ketika dia lupa mematikan seinnya. Sayang fitur ini sudah hilang..

Saklar Lampu motor

4. Saklar Lampu Motor

Kalau yang satu ini lucu.. lucu banget !!! alasannya adalah agar kita mematuhi peraturan Lalu Lintas dengan menyalakan lampu besar pada siang hari, demi mengurangi angka kecelakaan karena pengendara dari arah lawan tidak menyadari ada kendaraan roda dua di depannya. Helloo… itu matahari masih kurang terang apa.. dan emang pengendara di jalan pada picek semua apa ngga bisa lihat objek didepannya? kalau ini sih wallahualam ya.. mungkin kepengen ikut – ikutan tren DRL di Eropa sana yang notabene kawasan Eropa adalah negara-negara dengan berbagai musim. Wajar lah kalau DRL dibutuhkan misal musim salju pasti jarak pandang berkurang.. belum lagi negara – negara kawasan utara eropa terkadang siangnya tidak begitu terik.. cenderung bernuansa mendung. Sampai sekarang masih jadi misteri.. apa ada udang dibalik bakwan ? toh lumayan bagi pabrikan roda dua.. mengurangi cost produksi lagi – lagi.. dan mereka memberi nama fitur ini “AHO”. Hebat ya ini masih bisa dibilang fitur..

Oya.. untuk roda 4 engga diwajibkan nyalain lampu pas siang.

jepitan jok motor-Suzuki RC 100

5. Jepitan Jok / Karet Jok / Jepitan Dokumen

Fitur ini lebih sering disepelekan.. kadang hampir tidak pernah digunakan. Dahulu punya sepeda motor dengan fitur ini.. ya lebih seringnya didudukin.. padahal selain cuma jadi hiasan seperi pita.. fitur ini bisa digunakan untuk jepit menjepit dokumen.. jas hujan, atau sebagai pegangan boncenger belakang (yang ini ngga disaranin).

rak depan - Astrea 800

6. Rak Tambahan

Rak ini biasanya ditaro di depan body motor.. dan sering terdapat pada varian motor bebek. fungsinya sama bisa buat jepitan dokumen atau bisa juga dijadikan cantelan kresek belanjaan. mayan toh bisa bawa barang lebih daripada ditaro di stang atau dicantolin di spion.. malah bikin kenyamanan berkendara jadi berkurang karena stang berat sebelah.

Kunci Standar

7. Slot Gembok Di Standar Tengah

Fitur ini banyak yang ngga menyadarinya.. dan memang ngga pernah tau. Karena kebanyakan user motor di Negeri kita begitu beli motor ya dipakai aja.. masalah keamanan ? ya cukup dikunci stang.. Padahal fitur ini tercantum pada pedoman pemilik. Salah satunya terdapat pada Motor Honda Astrea Grand / Impressa. Enak lho fitur ini.. jadi pas meninggalkan motor bisa digembok di standarnya. Dijamin tu maling sampe keringet basah ngga bisa mindahin ini motor kecuali digotong. Kalau pasang gembok di cakram kek sekarang sih.. ya paling tinggal copot roda depan terus copot cakramnya.. udah bisa dibawa ngeloyor pergi tu motor.

knalpot full chrome

8. Knalpot Full Chrome

Emang sih ini bukan termasuk fitur.. dan ngga terasa juga manfaatnya secara langsung. Tapi manfaatnya ada di estetika motor dan di dompet !! ya.. knalpot full chrome gini kita ga usah was – was knalpot bakal karatan terutama di lehernya seperti yang dialami motor – motor jaman sekarang. Efek di dompetnya ini adalah menghemat pengeluaran untuk belanja knalpot baru walau sudah berjalan pemakaian hingga lebih dari 5 tahun. Coba deh lihat motor sekarang.. pasti ada saatnya kudu ganti knalpot atau ngga ya jajan ke tukang reparasi / cat.

Bonus

Mbah Bonsai ding, itu udah gado – gado motornya.. wkwkwkw

Itu saja sih yang bisa penulis hadirkan dari pengamatan sejauh ini.. Coba fitur – fitur tersebut dikembalikan.. wah pasti akan berguna banget. Walau emang terasa mustahil karena selain konsumen sekarang “yang penting penampilan” pabrikan juga senang kalau perputaran uang hasil jualan sparepart juga lebih besar akibat usia pakai part – part tidak seawet jaman dulu. Mungkin ada tambahan dari masbro / mba sist sekalian? monggo corat – coret di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. (imt)

foto : enoanderson, bonsaibiker, bakulkangkungjpr, henriksuwitra, google

Contact me :

About these ads

Comments»

1. FЭЯY - May 13, 2016

downgrade apa down cost apa medit 😆

imotorium - May 13, 2016

tiga tiganya #eh

FЭЯY - May 13, 2016

Tapi revo maneh aya fitur telolet na ning 😂😂😂

2. Ipx - May 13, 2016

Nomer 4 itu perlu utk bisa kelihatan di spion mobil dan utk memudahkan pengemudi lain mengenali dgn cepat bhw ada motor. Dalam kecepatan tinggi susah lo gan mengenali kalo ada motor baru masuk tikungan menuju ke arah kita kalo lampu mrk tdk dihidupkan.

3. techtonime - May 13, 2016

buat lampu sein bunyi perlu banget tuh boar nyadar kalo lampu sein lupa dimatiin biar nggak kejadian emak2 naek metik belok kiri sein kanan trus nabrak pengendara disebelahnya kyak ane kmaren…. 🙁
eh yg lampu aho emng berfungsi lho… dijepun aka taon 94 udah ada lampu aho

4. rohman - May 13, 2016

Jupiter MX 2006 saya masih dilengkapi slot gembok di standar tengahnya (nomor 7), kalo MX yg sekarang saya kurang tau fitur itu tetap ada atau tidak 🙂

5. warungasep - May 13, 2016

fitur dudukan plat nomor logam hilang mbah ayna ku plastik

6. silentmotoblog - May 13, 2016

lampu sein bunyi bermanfaat buat emak2 iku 😀

7. sufitrider - May 13, 2016

ya bener. sufit ane pas kinyis2 masih ada tuh kunci rodanya

8. chelvin - May 13, 2016

Standar ber slot gembok masih ada di vixion sampai sekarang, karet penjepit di jok masih banyak banget di motor 250cc.

9. Yudhafa - May 13, 2016

Penggunaan AHO ini menurut ane sangat berguna gan buat keamanan si pemotor. Kalo nyupir mobil, apalagi mobil yg kaca filmnya tergolong gelap, siang haripun kadang susah liat objek lewat spion. Nah, dgn motor nyalain lampunya, si supir bisa lebih awas dan lebih gampang juga buat tau ada motor di sekitarnya..

10. fain - May 13, 2016

mantep nh, btw saya pengguna motor lama juga. ilmu nya lumayan banget. sayangnya sangat susah nyari sparepart untuk si “mbah” wkwkwk joss

11. nbsusanto - May 13, 2016

wih astrea 800.. motore bapakku..

12. mochyuga - May 13, 2016

knalpot full crome terakhir liat di thunder 125 kalo ga salah (cmiiw) 2015 masih pake knalpot full chrome, sayang sekarang diskontinue 🙁

13. Vincent - May 14, 2016

bebek suzuki sempat pakai knalpot krom di shogun SP dan Smash, Shogun sebelumnya malah pakai knalpot dengan cat high temp seperti di motor-motor sekarang….

konklusinya? Mending krom ajah, capek ngelas ngelas mulu gegara knalpot keropos

14. jalu - May 15, 2016

Saya sepakat dengan sein bersuara, saklar lampu dan gembok standar tengah

15. st3v4nt - May 16, 2016

Yang paling kerasa sih AHO, bukan fitur dan jelas ngurangi cost tapi gak ada yg protes sama pabrikan….

imotorium - May 19, 2016

Saklar lampu begitu anggaplah 20.000 an.. Dikali jutaan motor yang produksi sampai beredar.. Bisa hemat cost sampai puluhan milyar

16. handoyo25 - May 17, 2016

Gambar no. 1 (Astrea Prima), Kalau AHM “nekat” bikin masspro model tsb dg spek yg sama persis kala itu, maka estimasi kasar saya harganya sudah hampir sama dg New Megapro FI

imotorium - May 19, 2016

Kualitas saat itu emang ga bohong.. Sampai sekarang masih banyak astrea prima yg seliweran..

17. aaabbb - June 1, 2016

satu lg. sepele tp penting. karet kick starter.

18. Dwi Okta Nugroho - June 21, 2016

Bener bgt.. Fitur keamanan yg bner ky diatas tp syg pabrikan dh dsetir keinginN pasar yg g smua paham ap itu safety..
Sp blg fitur datas ktnggln jmn ?
Case rantai itu futuristik, ky motor2 d film sci fi
Bunyi sein itu merdu bgt, bs bwt bngunin pngndara lain yg lg bengong
Sks, mobilizer, alarm smua klh dg sistem kunci garpu n standar..
Materialny pun klwat jauh dg msa skrg..

Perubahan jaman hny mmntingkan duit n duit



error: Content is protected !!
%d bloggers like this: