BusMobilNews

Harga BBM Solar Turun, Kemenhub Akan Menurunkan Tarif Angkutan Darat Sebesar 5%

menhub jonan

Seperti kita ketahui, anjloknya harga minyak dunia kembali membuat Pertamina harus menyesuaikan harga untuk BBM saat ini, dan kini semua mengalami penurunan harga, tidak tinggal diam.. Menteri Perhubungan Pak Ignasius Jonan pada hari kamis 7/1/2016 menggulirkan rencana akan menurunkan harga semua tarif angkutan darat baik itu AKAP sebesar 5%.

Berikut berita yang dirilis oleh Tribun Group :

WARTA KOTA, GAMBIR-Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menurunkan tarif angkutan darat sebesar 5 persen dari tarif saat ini.

“Ini karena ada penyesuaian harga eceran solar, maka kami sudah berdiskusi dengan Organda dan Gapasdap, keputusannya itu menurunkan tarif,” kata Jonan saat mengadakan konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Gambir, Kamis (7/1/2015).
Jonan mengatakan, pemerintah menurunkan tarif bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sebesar 5 persen.

“Kalau 5 persen itukan hitungannya per kilometer penumpang, jadi kendaraan umum yang trayeknya AKAP turun 5 persen,” ungkapnya.

Sedangkan untuk angkutan umum perkotaan itu kewenangan dari Bupati atau Walikota tergantung perkotaan masing-masing.
Meski begitu, mantan bos PT KAI itu sudah mengirimkan surat edaran kepada gubernur dan bupati/walikota.

“Kalau untuk Angkutan Kota Dalam Provinsi dan perkotaan, saya sudah mengirimkan surat kepada gubernur dan bupati/walikota, mungkin besok diterima untuk disesuaikan,” jelasnya. Jonan memperkirakan, 5 persen yang dimaksudkannya itu sekitar Rp 500.

“Misalnya turun Rp 625 turunnya Rp 500, kalau Rp 375 maka jadi Rp 500, kalau tidak, ya uang kembaliannya susah,” ujarnya.

Sedangkan untuk Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) penurunan tarifnya juga sebesar 5 persen. Jonan mengatakan, untuk angkutan kereta api, penyesuaian tarif masih dirapatkan.

“Untuk PT KAI kita masih di rapatkan, itu di luar KRL itu akan didiskusikan, angkanya belum diumumkan hari ini. Tapi mudah-mudahan bisa segera,” jelasnya. Jonan mengatakan, penurunan tarif ini maksimal berlaku pada 15 Januari 2016.

Tribun

bus akap kompas

Kemenhub mengancam bagi operator AKAP yang membandel, Kemenhub tidak segan-segan mencabut izin operasinya : sindonews

screenshot_2016-01-08-01-06-02.png

capture dari grup FB, sayangnya ada PO yang sudah menaikan tarif lagi di awal tahun 2016 ini 🙁

Wah ini kabar gembira namanya.. mengingat budaya indonesia itu maunya naik ogah turun, kali ini Penulis mendukung penuh niatan Pak Menteri.. karena menurut penulis budaya “tuman” ini harus segera dihilangkan, ya mbok namanya tarif itu menyesuaikan.. ga apa – apa naik jika memang harga bbm dan lain – lain naik.. namun jika turun ya menyesuaikan walau turunnya tidak sebesar penurunan harga bbm.. toh alasan klasik yang selalu digunakan oleh penggiat Transportasi adalah “gimana mau turun bos.. biaya operasional, perawatan, blablabla naik..” halah alasan… 🙄  karena sepengamatan penulis yang ada para pengusaha tersebut malah makin kaya, buktinya mampu menambah armada – armada terbaru dan bangun ini itu sebagai pengembangan usahanya.. mosok masih bisa ngomong merugi.. yah itu deh.. kecewa dengan budaya “tamak” yang sudah menjadi habit.. namun bagaimana lagi.. kita butuh.. ya tetap bayar ongkos yang diterapkan oleh si pengusaha angkutan tersebut walau sudah dirasa tidak “wajar”

kondektur cantik

mba kondekturnya cantik 🙄 lagi nagih ongkos

Lanjutkan Pak Menteri… Kali ini kami dukung kebijakan bapak. (imt)

foto : Kompas, Tribun, Google

Baca Juga :

Kondisi Flyover Kelok 9 Sumatra Barat, Walah Sempat Banyak Pedagang Kaki Limanya Toh

Foto – Foto Progress Tol Lintas Sumatra (Bakauheni – Terbanggi Besar)

Apa Kabar Papua? Konsep Airport Marinda Raja Ampat Ini Tidak Biasa..

Boeing 777-300ER Garuda Registrasi PK-GIK, Pesanan Terakhir Garuda untuk Boeing 777

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

0 thoughts on “Harga BBM Solar Turun, Kemenhub Akan Menurunkan Tarif Angkutan Darat Sebesar 5%

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: