About these ads
jump to navigation

Etios Valco dan Nav1 Resmi Discontinue? Ngga Heran Sih.. January 4, 2016

Posted by imotorium in : News, release, TOYOTA , trackback

new toyota etios

Kabar yang Penulis dapat dari mang Kobay Erlangga tersebut sebenarnya sudah lama sekali terdengar, bahkan sejak duo kembar Agya – Ayla akan rilis.. Untuk kedua Varian ini bukan rahasia lagi dealer sangat sulit menjualnya.. berikut akan penulis bahas dalam artikel ringan ini apa saja yang menjadi faktor “X” mengapa Etios Valco dan Nav1 Sulit diserap oleh pasar.

Etios Valco

Etios Valco

Etios Valco, awal diluncurkan adalah guna membidik segmen pengguna mobil city car sebagai pengisi kelas dibawah Toyota Yaris yang dianggap sudah Overprice untuk sebuah city car (over 200 Juta). Menawarkan mesin konvensional ala Toyota dengan kubikasi 1200 CC minus teknologi VVT-i yang selalu ditawarkan sebagai kelebihan dari produk – produk Toyota. Menariknya anggapan disini adalah bahwa mesin konvensional di Etios tersebut sudah cukup, tidak butuh teknologi ini  – itu toh dengan mesin itu saja sudah irit konsumsi bbmnya.. dyarr

Avanza E

Ada 2 poin mengapa Etios disini kurang menarik.. satu adalah harganya yang berkisar antara 130 hingga 180 Juta, berbenturan dengan market holder dari Toyota itu sendiri, ya siapa lagi kalau bukan Toyota Avanza ! Bayangkan di range harga yang sama Toyota menempatkan Avanza Tipe E dan Tipe G sebagai pilihan, yang mana keduanya sudah mengadopsi mesin 1300 cc VVT-i dan dilengkapi fitur – fitur basic seperti airbag, AC double blower yang memang seharusnya ada di mobil sekarang, belum lagi kelebihan Avanza sebagai mobil yang gampang dijual kembali dan Harga jual yang stabil.. Menjadikan para customer berpikir ulang untuk apa mengambil Etios jika di Harga yang sama kita bisa dapat lebih? Apalagi segment di rentang harga 200 juta kebawah itu umumnya didominasi oleh pembeli yang menjadikan mobilnya sebagai mobil utama.. dalam artian disini.. tentu dia akan memilih yang terbaik dari semua pilihan, sedangkan bagi kaum berada yang mencari mobil hanya sekedar untuk “cadangan” tentu dia juga akan lebih kritis soal “apa sih yang kamu dapat dengan uang segitu”

Toyota-NAV1

Nasib Noah alias NAV1

Disisi lain.. Toyota Noah yang di Indonesia dipasarkan dengan nama Nav1, yang diluncurkan toyota guna mengisi kekosongan di segment medium mpv 400 jutaan.. head to head dengan Nissan Serena C26 dan Mazda Biante yang mana keduanya memiliki bentuk yang “aduhai”.. Ya Nav1 terlihat seperti Roti Tawar disini, dengan mengandalkan mesin ValveMatic yang dibilang – bilang unggul dibanding mesin VVT-i nya Toyota.. tetap saja tidak mampu melawan Mazda dan Nissan. Modelnya terlalu konvensional.. dimana pricing harganya juga terasa dekat dengan Alphard tipe X.. dan tentu customer lebih memilih “sekalian aja alphard” atau lebih memilih Innova tipe V yang toh memiliki harga lebih murah dan rasa – rasa yang hampir sama dengan Nav1.

New Toyota Nav1 2014

Itu dulu, sekarang makin Terjepit lagi dengan kehadiran Innova anyar yang jauh lebih elegan, menawarkan sesuatu yang baru dengan harga pun yang “baru” dan semakin mepet si Nav1 ini. tentu makin menekan Nav1 dan memang sepertinya Toyota sudah merencanakannya.. akhirnya sekarang praktis Diskon digelontorkan.. demi menghabiskan stok yang ada baik itu Etios dan Nav1, mungkin untuk Nav1 sendiri akan lebih “greget” jika menerapkan sistem diskon ala Toyota Mark X dulu … yang mana pernah memberi diskon “beli Mark X dapat Toyota Avanza” joss… Diskonnya ga kira – kira..

Nah kesempatan nih buat yang hobi koleksi mobil “Rare Edition” :mrgreen: (imt)

Baca juga artikel menarik paling update :

About these ads

Comments»

1. Sing Indo - January 4, 2016
imotorium - January 4, 2016

yah bisa dibilang produk setengah – setengahnya toyota..

warungasep - January 4, 2016
sebarkan.org - January 4, 2016
2. lamik gemini - January 4, 2016

berbanding terbalik dengan honda brio.. pasar etios termakan sama agya.. IMHO 😀

imotorium - January 4, 2016

nah itu dia… ditambah etios katanya city car tapi ngga nyediain varian matik

lamik gemini - January 4, 2016

iya.. betul yg mas bro bilang produk setengah-setengah dari Toyota.. 😀

3. snoopy - January 5, 2016

1200 cc termahal… lebih worthed brio masih bisa buat modif. atau go+ sisa banyak



error: Content is protected !!
%d bloggers like this: