BusChassis & MesinNissan Diesel

Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia

damri nissan cb2

masih banyak dipakai untuk damri bandung raya 🙄

Mendengar nama “Nissan Diesel” pastinya mas bro dan mbak sis lebih mengenal merk tersebut dalam wujud Truk besar apapun formatnya. Tapi siapa sangka bahwa ND (Singkatan dari Nissan Diesel) juga bermain dalam wujud Bus Besar.. Barangkali mungkin masih ada yang menaikinya barusan?

Nissan RB

Nissan Diesel masuk ke Indonesia dibawah nama besar Astra Group, hmm menarik bukan? Lantas mengapa grup raksasa otomotif tersebut tidak berhasil membuat nama besar Nissan melambung seperti saudaranya dari Jepang yaitu Hino Motors? yah itulah. Sepertinya Nissan memang bukan proyek serius kala dibawa masuk ke Indonesia oleh Astra Group. Marketingnya pun kurang joss bila dibandingkan pesaing – pesaingnya seperti Hino dan Mercedes – Benz.

Nissan RB-1

Mengenai impressi mesin buatan nissan ini, tidak dipungkiri bahwa mesin – mesin nissan ini bisa dibilang bandel. Banyak PO – PO bumel asal muria raya, Surabayaan Trenggalek, dan beberapa dari bus Damri yang masih mengandalkannya.. walau lama sudah tidak diproduksi lagi. Karakter mesinnya sendiri cenderung lebih berisik dan cenderung lebih boros dibanding kompetitor sekelasnya, namun tentu jelas konsekuensinya adalah kecepatannya lebih baik, akselerasinya termasuk yang terbaik dibanding kompetitornya.

baca juga :

PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga.

Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

Spesifikasi dari Nissan CB 87 :

Nissan Diesel

Seperti salah satu tipe dari Nissan Diesel berikut ini, Nissan CB 87, yang memiliki konfigurasi Mesin Depan. Memang secara mesin ini head to head dengan Mitsubishi BM dan Hino AK. Namun dari beberapa pengakuan sopir – sopir yang pernah menggunakan Nissan Diesel, Nissan ini memiliki karakter mesin yang sama seperti mesin bensin, putaran bawah hingga atas terasa terus mengisi, dan kecepatan akselerasinya patut diacungi jempol.

Interior Nissan CB

Interior Nissan CB 🙄

Namun kelemahan yang cukup terasa pada mesin Nissan Diesel ini adalah; harga sparepart yang sangat mahal. bahkan bila dibandingkan dengan mesin – mesin merk lain.. malahan ada spare part Nissan yang harganya mencapai 3x lipat dari harga yang sama untuk parts tersebut di merk lain.. byuh 🙁

Nissan CB

jadi armada bumel jawa timuran 🙄

Bicara soal kenyamanan, sepertinya Nissan Diesel juga ada kecenderungan mendesain busnya untuk High-Load Capacity, suspensi dibuat stiff untuk mampu menopang beban..konsekuensinya adalah suspensi bus terasa amat keras jika diisi oleh penumpang saja, tidak sampai full load.. Inilah yang mungkin menyebabkan juga pemasarannya tidak begitu laku dibanding Merk lain yang membawa kata : “kenyamanan” dalam menjual produknya.

nissan jp251s

nissan JP251S di malaysia 🙄

Namun sepertinya hanya untuk pasar Indonesia saja, Di luar negeri sendiri katakanlah tetangga dekat kita.. Malaysia.. Nissan Diesel justru sangat populer. Bus – bus mewah antar negara mempercayakan Nissan sebagai mesin andalan untuk mengantarkan penumpang – penumpang setia mereka. Wah Indonesia kapan (lagi) ya..(imt)

Baca juga artikel menarik paling update :

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

27 thoughts on “Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: