About these ads
jump to navigation

Ramainya Stiker – Stiker di Bus Yang Ada Di Indonesia December 8, 2015

Posted by imotorium in : Bus, News, Tips Berkendara , trackback

Jakarta – Hoo, bukan sekedar stiker trayek saja yang menempel.. tapi stiker yang seolah menunjukkan “ini gue lho” juga menempel di bus – bus, entah apa maksudnya.. Dilihat dari sisi apapun, Justru malah lucu, bukannya keren. Lebih sering menempel di bus – bus panturaan. Dan daerah – daerah luar pulau jawa.. Kenapa ya?

Setelah diperhatikan, ya wajar saja mereka memberi stiker – stiker berbagai tulisan itu sebagai “ciri khas” dan penanda. Di kalangan penglaju harian atau mingguan atau bulanan yang pulang dari ibu kota akan memilih sendiri salah satu armada favoritnya karena stiker – stiker tersebut seolah membawa efek “naik mobil artis” padahal sama sajaa…

bus di kota palembang

apa ya maksudnya, sampai di pic terakhir diatas menutup pandangan supir pastinya XD

dan..

Baca Juga : Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki

yang dibawah ini masih bisa dibilang simple, namun..

Ada satu hal, ย ini yang unik :

apa artinya ? ๐Ÿ™„

Euro, dimana adalah sebuah standar emisi kendaraan bermotor, hanya disini uniknya.. ada euro-ng dan euro-nx sekarang sih rata – rata jadi nx. entah apa artinya, bahkan di web mercedes pun tidak mencantumkan -ng -nx. Terkecuali dahulu menggunakan siker euro 2 pada unit bus 1525 dan memang seperti itulah spesifikasinya..

Berikut adalah penjelasan dari standar Euro, penulis ambil kutipan ttg Euro – 3

Euro 3 kependekan dari Standar Emisi Euro-3 (European Emission Standard 3).ย  Euro 3 merupakan salah satu standar emisi hidrokarbon dan karbon monoksida bagi kendaraan baru yang dapat diterima di negara-negara Uni Eropa. Selama ini di Indonesia masih memakai Euro-2 dan mulai Agustus tahun 2013 ini menuju Euro-3 berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup 23/2012 tentang perubahan atas peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup 10/2012 tentang baku emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru kategori L3.

Menurut standar Euro-3, kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder kurang dari 150 sentimeter kubik hanya boleh menghasilkan 0.8 gram/kilometer Hidrokarbon (HC); 0,15 gram/kilometer Nitrogen Oksida (NOx); dan dua gram/kilometer Karbonmonoksida (CO).ย  Sementara kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder lebih dari 150 sentimeter kubik hanya boleh menghasilkan 0,3 gram/kilometer HC; 0,15 gram/kilometer NOx, dan dua gram/kilometerCO.

Jelasnya disini, Lengkap dengan Tabel Perbandingan Euro 1, 2 dan 3

Hahaha XD , Mau keren malah jadi aneh. apa yang pemirsa pikirkan.. apakah perlu dijaga tradisi stiker – stikeran mengganggu pandangan dari dalam yang juga sama sekali tidak menambah performa mesin atau kemampuan supir bus ini XD ? Mau kelas tertinggi sekalipun tiap ada calon penumpang nyetop dijalan ya tetep diangkut XD ..

mana yang lebih enak dipandang? dengan stiker bejibun dengan bermacam – macam arti atau kelihatan simple, maksimal ya hanya menjelaskan tipe chassis dan mesin seperti ini?ย silahkan corat-coret dibawah sini ya ๐Ÿ˜€

asal jangan sampai kejadian seperti ini aja gan XD

razia stiker gabungan dishub dan polantas XD

(imt)

foto : google, bismania

About these ads

Comments»

1. Mase - December 8, 2015

Hahahaha… bener tuh kl di razia… mosok smp menutupi pandangan sopir

imotorium - December 8, 2015

supirnya pakai mata batin kang mas XD

2. Alki Rahmatullah - December 8, 2015
imotorium - December 8, 2015

tet tot tet tot

3. mandirajati - December 8, 2015

al farruq mana ?

imotorium - December 8, 2015

nanti dimasupin, aku lupa padahal tenar ya XD

mandirajati - December 8, 2015

Jozs

4. FะญะฏY - December 8, 2015

oooh jadi ieu hasil hunting pinggir tol teh ๐Ÿ˜† … Sok sok an pake alibi nyomot dari google :mrgreen: telolet lah baraya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

5. arh thea - December 8, 2015

Wew.. Jozz :-p

imotorium - December 8, 2015

bablas

6. Aries Kurniawan - December 14, 2015

Yang Poto Budiman 1836 sama 3E29 Kayaknya Poto Dokumentasi Saya Tuh Om Gan ๐Ÿ™‚
Watermarknya Masih Ada ๐Ÿ™‚

imotorium - December 14, 2015

Fotonya bagus, keep update ya kang ๐Ÿ˜€ saya pinjam fotonya

7. e.b erlangga - December 14, 2015

Parah ya stiker bus kota di palembang,, 5 tahun ane kerja d kota pempek rata2 pemandangan tiap bus kota yg lewat kaca depannya penuh stiker, knalpot ngebul, lampu2 pada mati, dll.

imotorium - December 14, 2015

iya, makanya apa dishub disana kok seolah menutup mata ya, kan bahaya jika dibiarkan

8. Intermezzo : Lihat Bus Yang Menuju Ke Kampung Halaman Selalu Ingin Pulang | Sakahayangna.COM - December 18, 2015

[…] dua artikel yang ada foto bus budiman nya 1 […]

9. Jenis – Jenis Air Conditioner (AC) Yang Terdapat Pada Bus Besar Maupun Kecil | imotorium - December 19, 2015

[…] Baca Juga : Balada Stiker Di Bus – Bus […]

10. Selamat Datang Libur Panjang, Selamat Natal dan Tahun Baru 2016 Semuanya!! | imotorium - December 24, 2015

[…] Ramainya Stiker โ€“ Stiker di Bus Yang Ada Di Indonesia […]

11. Mushthafa Kamil - December 26, 2015

numpang nimbrung ya min, Budiman Euro-NG itu sebagai penanda bahwa bis itu pake sasis MB OH1526OG (old gen, yg suspensinya keras) sedangkan Euro-NX itu pake sasis OH1526NG (yg pake suspensi Indospring ala kuler) ๐Ÿ™‚

12. shuttletasik - January 10, 2016

http//:shuttletasik.com



error: Content is protected !!
%d bloggers like this: