About these ads
jump to navigation

DIY : Membuat Dry Box Kamera Kapasitas Besar Murah Meriah December 7, 2015

Posted by imotorium in : Camera, Tips dan Trik , trackback

IMG_20151205_185835

Jakarta – Musim hujan seperti saat ini , kelembaban udara tentu akan meningkat lebih dari biasanya. Tentu saja ini bukan hal yang baik karena kelembaban yang berlebih akan menyebabkan banyak benda mudah sekali ditumbuhi jamur / fungus. Salah satunya adalah kamera, baik sensor ataupun lensanya.. dan jika sudah terkena jamur, tentu akan menguras dompet lebih dalam..

Antisipasi yang bisa digunakan adalah dengan menempatkan kamera pada suhu ruangan dan dengan kelembaban yang berada dibawah 50 rh.. tentu akan mudah bila memiliki unit ac di rumah.. namun bagi yang tidak menggunakan ac, bisa dengan membuat drybox sendiri.

Di pasaran kita sebenarnya bisa dengan mudah menemukan drybox yang memang sudah khusus dibuat untuk kamera. Ada banyak merk dan kapasitas, sayang harganya lumayan mahal, paling murah mulai 350.000 an dan itupun hanya bisa memuat satu unit kamera dslr (body + lensa 2), tidak bisa dibilang value..

Berbekal mini – searching di google, akhirnya memutuskan membeli sealer box dan hygrometer secara terpisah. Di pasaran sealer box banyak sekali pilihan, mulai dari merk lock n lock, lionstar klip to keep dll.. harganya lumayan juga.. sampai akhirnya penulis menemukan sealer box yang berkapasitas lumayan besar 13,8 Liter seharga 65.000 rupiah saja di salah satu web marketplace.

IMG_20151205_185932

Kenapa marketplace? karena di supermarket besar penulis tidak menemukan ukuran yang ideal untuk sebuah sealer box. bahkan harganya kadang keterlaluan untuk fungsi yang sebenarnya sami mawon. perburuan pun berlanjut ke unit hygrometer, hygrometer adalah alat yang dapat mengukur kelembaban udara di ruangan. Unit yang penulis beli sudah dilengkapi dengan thermometer juga lho. jadi enak deh bisa ngukur suhu idealnya sekalian 😀

IMG_20151205_185852

Bonus packing bubblewrap dan airbag yang digunakan membungkus sealer box yang dikirimkan supaya aman dari goncangan.. penulis manfaatkan lagi sebagai alas dan dinding pelindung bagi kamera yang penulis simpan. lumayan menghemat pengeluaran lagi 😀

Tinggal tahap terakhir adalah silica gel, disini penulis menggunakan silica gel yang bewarna biru. Karena silica ini lebih ampuh dalam menyerap lembab dibanding silica gel tipe food grade yang bewarna putih. Dan mudah sekali untuk mengetahui indikator jenuh silica gel tersebut dalam menyerap air.. dapat dicek dari perubahan warna dari biru menjadi warna ungu.

Total biaya :

Sealer box Lion star silvo 13,8 Lt : Rp 65.000;

Hygrometer+Thermometer analog Rp. 45.000;

Silica Gel 1 Kg Curah : Rp 37.000;

Total Rp 147.000;

(silica gel penulis hanya gunakan 100 gr saja untuk satu drybox, dan mampu bertahan hingga 2 bulan jika kotak dibiarkan rapat tertutup, awet mas bro)

Semoga berguna (imt)

About these ads

Comments»

1. warungasep - December 7, 2015
imotorium - December 7, 2015

dibanjur ku cai XD

2. baguzInfomedia - January 14, 2016

sangat bermanfaat. tapi kayaknya kebesaran kalau di bawa kemana-mana

imotorium - March 3, 2016

iya, kalau dibawa – bawa emang repot sih mas, tapi biasanya kalau saya cukup kasih silica gel didalam tas kameranya kalau lg keluar rumah 😀



error: Content is protected !!
%d bloggers like this: