About these ads
jump to navigation

Musim Hujan Telah Tiba, Ayo Memilih Jas Hujan Yang Bagus November 16, 2015

Posted by imotorium in : Motor, Tips Berkendara, Travel, Trip , trackback

Jakarta – Folks, sudah 2 minggu ini hujan lebat hampir setiap harinya mengguyur banyak kota di indonesia. Tentunya ini adalah nikmat setelah sekian bulan menghadapi kemarau panjang, ditambah efek dari el – nino, nah sebagai penglaju komuter harian, tentunya banyak yang harus dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan ini.. agar tetap aman dan nyaman dalam berkendara. salah satunya jas hujan..

Mantel / jas hujan saat ini sudah sangat banyak tersedia di pasaran, mulai dari beragam ukuran, model, warna, bahan dan merk, umumnya dari bahan karet, plastik, dan model parasut. Untuk jenisnya ada yang dijual sepasang. Yakni, baju dan celana, dan ada juga model ponco yang desainnya seperti jubah.

Untuk tipe jas hujan sendiri, penulis lebih memilih tipe baju dan celana dibanding ponco, karena tipe ponco kurang efektif untuk berkendara, malah cenderung berbahaya karena rawan tersangkut kendaraan lain.

jas hujan plastik 🙄

Dari bahan sendiri, pada umumnya, jas hujan yang banyak dijual di abang – abang pinggir jalan menggunakan bahan plastik biasa. Bahan ini digunakan agar biaya produksi lebih rendah. Makanya harga jual jas hujan jenis ini lebih murah dibanding model atau jenis lainnya. Salah satu kelemahan tipe ini mudah sobek di bagian selangka, sehingga hanya cocok digunakan sekali saja.

Selanjutnya adalah perasut atau terpal. ini menjadi bahan kedua yang paling mudah dijumpai. Umumnya harga jas hujan yang menggunakan bahan dasar ini dibanderol lebih mahal dibanding model plastik biasa. Keunggulannya sudah pasti lebih kuat jika dibandingkan jas hujan berbahan dasar plastik biasa. Namun kekurangan jas hujan jenis ini ada di jahitan. Umumnya, di bagian jahitan air akan masuk melalui lubang jarum jahit, dan ketika menghadapi hujan yang cukup deras, cenderung merembes ke dalam.

Jas hujan yang terkenal baik dalam menghalau air dibuat menggunakan bahan dasar polyvinyl chloride atau PVC. Jas hujan dari bahan PVC lebih tebal dan lebih kedap terhadap air. Selain itu, bahan ini tidak dijahit alias dipress. Sehingga dengan begitu air tidak merembes melalui lubang jahitan. Namun tetap saja, semua ada plus minusnya, bahan ini mudah sobek ketika mendapat tekanan berlebih, biasanya di bagian selangkangan, dan akan terasa gerah ketika digunakan saat hujan mulai mereda..

Semua jenis jas hujan ada plus minusnya. oleh karena itu bijaklah dalam memilih jas hujan, jangan termakan model / merk. Tapi lihatlah fungsinya.. ciao 😀

(imt)

About these ads

Comments»

1. walawala - November 17, 2015

pilih ban basah juga penting biar gak ndlosoorrrr kayak marcheleng, apa lagi produk ngahaem macem repo ekekekekekekekekeke

2. Jashujanmurah - December 29, 2015

Produk lokal juga ada yang berkualitas gan. Jas Hujan Monas contohnya. bahan dari parasut, sudah seam sealed untuk tiap jahitan. mudah dibawa dan awet walaupun harga dibawah 100 ribu.
http://www.jashujanmurah.com



error: Content is protected !!
%d bloggers like this: