About these ads
jump to navigation

William Edward Boeing, Kisah Si Penebang Kayu…. October 4, 2015

Posted by imotorium in : Boeing, History, Pesawat , trackback

Dia adalah seorang pendiri perusahaan pesawat Boeing yang dulunya adalah seorang penebang kayu dihutan didaerah Grays Harbour selama beberapa tahun dan kemudian Boeing pindah ke Seattle sambil menjadi pengusaha kayu. Di Seattle dia menjadi direktur utama di Greenwood Logging Company miliknya,kemudian Boeing mempunyai impian untuk membuat pesawat terbang, akan tetapi impiannya selalu kandas karena ditentang oleh ayahnya.

Bersama George Conrad Westervelt (seorang insinyur angkatan laut Amerika yang ahli pesawat terbang) pada tahun 1916 Boeing menyulap perusahaannya kayu miliknya Greenwood Logging Company menjadi industri pesawat terbang yg diberi nama Pacific Aero Products

1st boeing aircraft

Boeing merekrut beberapa orang insinyur yang ahli dalam pesawat terbang. Setelah berhasil membuat 2 pesawat kemudian Boeing mencoba menjual pesawatnya. Di sini Boeing menemui kegagalan karena orang belum percaya dengan kemampuan pesawat terbang.

Akhirnya Boeing berhasil menjual pesawatnya kepada Angkatan Laut Amerika. Disinilah Angkatan Laut memesan 50 buah pesawat terbang untuk digunakan dalam perang dunia II. Berita ini merupakan berita baik sekaligus berita buruk. Berita baiknya karena pesawatnya laku, tetapi ini juga merupakan berita buruk karena Boeing tidak punya modal. Akhirnya Boeing memperoleh pinjaman dengan menjaminkan seluruh harta bendanya. Ketika pesanan mulai jadi dan dikirimkan ke angkatan laut Boeing juga memberikan rancangan pesawat terbarunya (Model HS 21), ketika itu karyawan Boeing sudah 317 orang.

Lagi-lagi berita buruk datang karena perang dunia I berakhir sehingga pihak militer membatalkan pesanan pesawatnya. Ini merupakan pukulan yang sangat keras bagi Boeing, sehingga perusahaan pesawatnya berubah menjadi perusahaan kayu lagi. Setelah keuangan mulai membaik Boeing mulai berusaha untuk tidak tergantung pada militer. Pada tanggal 3 Maret 1919 akhirnya Boeing mendirikan perusahaan Pos Udara, dan pada & Januari 1920 untuk pertama kalinya pesawat B-1 dijual ke Kanada.

Pada 30 Juni 1927 berdirilah Boeing Air Transport yang merupakan perusahaan angkutan penumpang udara.

Pada saat ini perusahaan pesawatnya telah menjadi perusahaan pesawat terbesar di seluruh negeri. Perusahaan Boeing terus berkembang, walaupun cobaan demi cobaan terus terjadi. Salah satunya sehabis perang Dunia II. Akan tetapi dengan kesungguahan William Edward Boeing dan anak buahnya. Pada 28 September 1956 pengusaha kayu yang telah berubah menjadi pengusaha pesawat terbang ini meninggal. Akan tetapi hasil kerja kerasnya sampai sekarang masih bisa kita nikmati.

FYI, Boeing memiliki dua divisi utama yaitu Boeing Integrated Defense Systems (IDS) dan Boeing Commercial Airplanes (BCA).
Boeing Integrated Defense System bertanggung jawab untuk produk militer dan angkasa, sementara Boeing Commercial Airplanes bertanggung jawab untuk produk pesawat sipil.

(imt)

source : kask.us

About these ads

Comments»

No comments yet — be the first.


error: Content is protected !!
%d bloggers like this: