About these ads
jump to navigation

Review Alternative Pengganti BBM : Mazda 6 dengan Bahan Bakar GAS May 27, 2015

Posted by imotorium in : Event, Mobil, Tips Berkendara , trackback

image

Jakarta – Folks, dengan sempat hebohnya berita naiknya harga bbm selain premium walau akhirnya tidak jadi mengalami kenaikan, tetap saja membuat kondisi tidak nyaman di kantong setiap harinya, dengan adat orang indonesia yang rata – rata “doyan naik ogah turun” tentu saja harga BBM yang naik turun ini akan semakin membuat sulit kedepannya. Lantas adakah solusi lain dari pemerintah?

image

Ya, melalui konversi energi, walau sudah lama ide ini terbesit namun realisasinya berjalan sangat amat lamban, kurangnya edukasi serta minimnya dukungan dari pelaku bisnis di bidang semisal otomotif, menjadikan hanya sedikit sekali pihak yang baru mengambil langkah alternatif menggunakan bahan bakar gas untuk menggantikan bahan bakar minyak.

Dan, di event test drive yang diadakan oleh otomotif yang bertajuk “tumplek blek” dengan lahan yang luasnya sangat kecil bahkan dibandingkan area bermain bom-bom car, penulis sempatkan diri menjajal mobil yang disediakan oleh PGN, sebuah Mazda 6 lansiran 2013 dengan modifikasi hybrid, yang mana bisa menggunakan gas sebagai bahan bakar dan bensin bila gas yang ada tidak mencukupi.

image

langsung saja karena penasaran, jajal beberapa putaran tanpa menyentuh pedal gas (balik ke poin atas, area test drive lebih sempit dibanding area bermain bom – bom car) sama sekali tidak merasakan perbedaan dengan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak, bahkan setelah dijelaskan langsung oleh mas – mas dari PGN, tingkat oktan yang dihasilkan setara oktan 98 keatas :O wooow….

dan lebih menggiurkan lagi, perliternya (dijelaskan oleh masnya tetap hitungannya liter lho folks walaupun gas) hanya dibandrol Rp. 3100 untuk saat ini. tentu saja itu kabar gembira, tapi ya sebagaimana gas, tetap saja membutuhkan converter kit dan tangki khusus bertekanan tinggi yang lumayan memakan spasi bila diletakkan di dalam mobil. oya untuk mazda 6 ini sendiri posisi tangki gas berada tepat di bagasi belakang, dan masih menyisakan spasi untuk menyimpan barang.

image

Semoga kedepannya pabrikan otomotif mulai melirik energi alternatif ini, dan berkreasi untuk membuat kendaraan berbahan bakar gas dengan KUALITAS !! (mengingat kejadian tangki bocor masih sering terjadi baik itu roda dua maupun roda 4) lah supaya ga berbahaya. gas kalo bocor kemungkinan meleduknya jauh lebih besar lho folks XD (imt)

About these ads

Comments»

1. agoey - May 27, 2015

Menurut saya gas lebih masuk akal untuk diproduksi massal dengan harga terjangkau daripada listrik yg sangat terbatas jarak tempuhnya..

imotorium - May 27, 2015

setuju mas, karena gas masih sangat besar potensinya, dan jauh lebih baik dari beberapa sisi dibandingkan listrik. kenapa, ya contoh kecilnya dalam pengisian ulang, mengisi gas ke tangki ya ga akan selama kita isi ulang listrik ke dalam batre.